Lihat ke Halaman Asli

Program Kerja PPK ORMAWA PERS 2023 Dalam Pengembangan wisata di Gunung Kendeng, Desa Citorek Timur

Diperbarui: 17 Oktober 2023   10:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto Dokumentasi PPK ORMAWA PERS

Tim Program Penguatan Kapasitas Organisasi Mahasiswa (PPK ORMAWA) PERS Institut Pariwisata Trisakti saat ini tengah berupaya untuk melakukan pengembangan wisata di Gunung Kendeng, Desa Citorek Timur.

PPK ORMAWA merupakan Program Penguatan Kapasitas Organisasi Mahasiswa yang menjadi program inisiasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbud Ristek) melalui serangkaian proses pembinaan ormawa oleh perguruan tinggi yang diimplementasikan dalam program pengabdian dan pemberdayaan masyarakat.

Serangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan meliputi berbagai aspek, seperti sosialisasi kesadaran akan pentingnya pariwisata yang berkelanjutan, pelatihan berorientasi UMKM di sektor kuliner yang memanfaatkan labu yang akan menjadi ciri khas Gunung Kendeng, pelatihan pembuatan souvenir berkualitas, sosialisasi untuk promosi pemasaran digital, pelatihan perancangan kemasan produk, analisis harga pokok penjualan UMKM, serta perbaikan dan pemeliharaan fasilitas wisata yang berlokasi di Gunung Kendeng.Kegiatan ini dilakukan dalam rangka upaya untuk mengembangkan Gunung Kendeng menjadi Destinasi Pariwisata di Desa Citorek Timur

Kegiatan ini dilakukan dengan tekad untuk menjadikan Gunung Kendeng sebagai destinasi pariwisata unggulan di Desa Citorek Timur. Kami merasa beruntung atas dukungan penuh yang kami terima dari berbagai pihak, termasuk Dinas Pariwisata Lebak Banten, Kasepuhan Citorek Timur, Pokdarwis Gunung Kendeng, dan Kelompok Wanita Tani di Desa Citorek. Selain itu, kami juga menyaksikan peningkatan partisipasi yang luar biasa dari masyarakat setempat, yang turut serta dalam sosialisasi, pelatihan, dan dalam memelihara fasilitas wisata di Gunung Kendeng.

Dalam kesimpulan, Tim PPK ORMAWA PERS Institut Pariwisata Trisakti menganggap tugas ini sebagai langkah penting dalam menggerakkan potensi pariwisata di Gunung Kendeng. Dukungan kolaboratif dan partisipasi yang semakin berkembang dari masyarakat menjadi modal utama dalam mencapai tujuan pengembangan destinasi pariwisata yang berkelanjutan dan berdaya saing tinggi.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline