Lihat ke Halaman Asli

Ekologi Integral, Kemanusiaan Baru

Diperbarui: 2 September 2023   09:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kunjungan ke Danau Kalimutu Ende

'Kehidupan manusia didasarkan pada tiga hubungan mendasar dan saling terkait erat: dengan Tuhan, dengan sesama, dan dengan bumi' (LS 66). Ekologi integral berupaya 'memulihkan berbagai tingkat keseimbangan ekologi, membangun keselarasan dalam diri kita sendiri, dengan orang lain, dengan alam dan makhluk hidup lainnya, dan dengan Tuhan' (LS 210). Masing-masing dari kita, apa pun minat dan keterampilan kita, lokasi dan peluang kita, mempunyai peran untuk dimainkan.

Entah beragama atau tidak, semua orang bisa sepakat bahwa bumi adalah warisan bersama, yang buahnya dimaksudkan untuk memberi manfaat bagi semua orang baik saat ini maupun di masa depan. Bagi orang beriman, ini menjadi pertanyaan tentang kesetiaan kepada Sang Pencipta, karena Tuhan menciptakan dunia untuk semua orang. Oleh karena itu, 'tidaklah sesuai dengan rencana Allah jika karunia ini digunakan sedemikian rupa sehingga manfaatnya hanya menguntungkan segelintir orang saja. 

Hal ini menimbulkan pertanyaan serius mengenai kebiasaan tidak adil sebagian umat manusia' (LS 93). 'Oleh karena itu, setiap pendekatan ekologi perlu memasukkan perspektif sosial yang mempertimbangkan hak-hak dasar masyarakat miskin dan kurang mampu' (LS 93).

Seperti tradisi-tradisi lain, 'warisan spiritualitas Kristen kita yang kaya, buah dari pengalaman pribadi dan komunal selama dua puluh abad, memiliki kontribusi yang berharga bagi pembaruan umat manusia' (LS 216). Lebih dari sekedar gagasan, 'ajaran Injil mempunyai konsekuensi langsung terhadap cara berpikir, perasaan dan hidup kita', dan 'dapat memotivasi kita untuk lebih bersemangat dalam melindungi dunia kita' (LS 216).

Ekologi integral membutuhkan kerja keras; memang, ia menjunjung tinggi nilai kerja (LS 124). Tapi ini tidak berarti menjadi hiperaktif. Kita juga perlu merenungkan Sang Pencipta yang tinggal di antara kita dan mengelilingi kita; memeriksa komitmen dan gaya hidup kita dengan jujur; dan mengembangkan harmoni yang tenang dengan ciptaan (LS 225). 

"Kita berbicara tentang sikap hati, yang mendekati kehidupan dengan perhatian yang tenang, yang mampu hadir sepenuhnya... dan menerima setiap momen sebagai anugerah dari Tuhan untuk dijalani sepenuhnya. Yesus mengajari kita sikap ini ketika Dia mengajak kita merenungkan bunga bakung di padang dan burung di udara (LS 226). Kita harus meniru Santo Theresia dari Lisieux yang 'sikap sederhana sehari-hari... melanggar logika kekerasan, eksploitasi, dan keegoisan' (LS 230).

Saya mengundang Anda untuk menganggap kata-kata saya hanya sebagai sebuah langkah dalam perjalanan Anda menuju kepedulian terhadap rumah kita bersama. Silakan baca bab empat Laudato si' , yang berjudul 'Ekologi Integral', yang di dalamnya Paus Fransiskus membahas ekologi lingkungan, ekonomi dan sosial; ekologi budaya; ekologi kehidupan sehari-hari; prinsip kebaikan bersama; dan keadilan antar generasi.

Dan kita dapat menantikan bimbingan lebih lanjut dari Bapa Suci: pada tanggal 21 Agustus 2023, Paus Fransiskus mengatakan bahwa dia sedang menulis bagian kedua dari Laudato si' , untuk memperbaruinya dengan 'masalah-masalah saat ini'. Kita mungkin bertanya: 'Isu-isu apa yang saat ini tampak jauh lebih berbahaya dan mendesak dibandingkan dengan apa yang disebutkan dalam ensiklik tahun 2015? Apa peran kita masing-masing? Apa yang dapat dan harus kita lakukan terhadap masing-masing masalah tersebut?'

Tidak peduli bagaimana Laudato si' diperbarui, kewajiban kita terhadap masa depan tidak dapat disangkal: 'Kita tidak boleh lupa bahwa generasi muda mempunyai hak untuk menerima dunia yang indah dan layak huni dari kita dan ini menyiratkan bahwa kita mempunyai tanggung jawab besar terhadap penciptaan yang kita terima dari tangan Tuhan yang murah hati.'

Melihat ke belakang selama delapan tahun, sejak kita pertama kali membaca Laudato si' , kita juga dapat bertanya: 'Apa dampak ensiklik tersebut? Perubahan atau perkembangan apa yang patut kita syukuri? Daerah mana saja yang belum terjangkau? Bagaimana kita dapat membantu Laudato si' dan pembaruannya untuk menjangkau lebih luas dan lebih dalam?'

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline