Lihat ke Halaman Asli

Petrus Kanisius

TERVERIFIKASI

Belajar Menulis

YP Pasang dan Cek Alat Pasif Monitoring di Kawasan Hutan Desa

Diperbarui: 15 Oktober 2024   12:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Teman-teman dari Program HD YP melakukan pemasangan dan cek alat pasif monitoring di Kawasan Hutan Desa, belum lama ini. (Foto dok. Program HD YP).

Belum lama ini, Yayasan Palung (YP) melalui Program Hutan Desa (Program HD) melakukan pemasangan alat Pasif Monitoring di beberapa Kawasan Hutan Desa.

Seperti yang dilakukan Mahendra Staf Hutan Desa YP bersama dengan Lembaga Desa Pengelola Hutan Desa (LDPHD) di Kawasan Hutan Desa Pemangkat, Nipah Kuning, Pulau Kumbang dan Rantau Panjang.

Beberapa alat pasif yang dipasang di dalam Kawasan Hutan Desa tersebut diantaranya adalah Bioakustik; Song meter dan Audio mute, kamera trap, Hobo; alat pengkur suhu serta alat pengukur curah hujan. Tidak hanya itu, mereka juga melakukan pengecekan alat yang sudah mereka pasang sebelumnya.

Mahendra, mengatakan, pemasangan alat dilakukan di Kawasan Hutan Desa Nipah Kuning dipasang satu HOBO NFC. Di Kawasan Hutan Desa Rantau Panjang dan Pulau Kumbang dilakukan pemasangan alat baru diantaranya dipasang satu Kamera trap, satu pengukur curah hujan, dan satu HOBO NFC, kemudian pemasangan satu HOBO di Kawasan Hutan Desa Pemangkat.

Sedangkan pengecekan alat dilakukan di Kawasan Hutan Desa Nipah Kuning, beberapa alat dilakukan pengecekan diantaranya adalah dua Kamera Trap, satu pengukur curah hujan satu Pengukur curah hujan, satu Hobo, satu song meter.

Selanjutnya di Kawasan Hutan Desa Pemangkat dilakukan pengecekan alat berupa satu Pengukur curah hujan, satu Hobo yang sudah dipasang sebelumnya, dua Kamera trap dan satu song meter.

Alat Pasif monitoring tersebut dipasang di Kawasan Hutan Desa karena dirasa sangat perlu untuk keperluan penelitian keberagaman fauna yang ada di wilayah tersebut.

Sebagai tambahan informasi, hingga saat ini di enam Hutan Desa dampingan Yayasan Palung sudah dipasang alat pasif monitoring. Enam Hutan Desa yang sudah dipasang alat pasif monitoring adalah di Hutan Desa, seperti di Kawasan Hutan Desa Padu Banjar, Pulau Kumbang, Pemangkat, Nipah Kuning, Penjalaan dan Rantau Panjang. 

Selajutnya juga nanti akan dipasang alat pasif monitoring di Kawasan Hutan Desa Baru yaitu di Hutan Desa Matan Jaya dan Lubuk Batu.

-------------------------------------

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline