Lihat ke Halaman Asli

Dapatkah Orang Mati Menolong Orang Hidup?

Diperbarui: 25 Juni 2015   01:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

By Hendra Subrata


Karena ingin mendapatkan jawaban atas berbagai pertanyaan yang pelik dari orang mati, banyak orang berkonsultasi dengan dukun, medium, tidur atau melakukan berbagai ritual mistis di makam leluhur atau tempat  keramat.

Tapi, apakah mereka memang bisa berbicara dan mendapatkan petunjuk gaib dari orang mati ?

Dari pengalaman, banyak orang telah berbicara dengan orang tercinta yang telah tiada dari alam roh.  Salah satu caranya adalah dengan menggunakan medium.

Ada seorang istri meminta bantuan seorang medium untuk mengundang roh suaminya yang telah mati.  Saat roh suaminya memasuki tubuh medium tersebut, maka medium tersebut akan bertingkah laku, caranya berbahasa ( bahkan medium tersebut bisa berbicara dalam bahasa yang dia sendiri  tidak bisa ) , kata kata yang digunakannya akan persis sang suami.   Sehingga sang istri seakan akan berbicara dengan suaminya.

Namun demikian, siapa sebenarnya yang mereka ajak bicara itu ?

Menurut agama tertentu, mereka adalah para malaikat yang berkhianat dan memberontak tertahap Allah dan diusir ke bumi.  Ada pula agama lain mengatakan bahwa mereka adalah jin.  Mereka sudah ada sebelum penciptaan manusia.

Siapapun mereka, mereka adalah pendusta yang berpura pura sebagai orang yang telah mati dengan berbicara dari alam roh kepada orang hidup.  Mereka seakan akan baik, namun menyesatkan.

Lalu kepada siapa kita harus minta petunjuk ?

Hanya kepada Allah sajalah kita meminta petunjuk....




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline