Lihat ke Halaman Asli

Pipit Ariyanti

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA

Penggunaan Komunikasi Massa dalam Kehidupan Sehari-hari

Diperbarui: 25 Januari 2023   09:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Komunikasi massa merupakan komunikasi yang ditujukan kepada khalayak atau masyarakat umum dengan sifat komunikasi yang bercampur. Komunikasi massa dapat terjadi dengan menggunakan beragam media massa sebagai sarana untuk menunjang komunikasi tersebut. 

Pesan komunikasi massa dihasilkan oleh mekanisme itu kompleks dan tergantung pada kecepatan. Itu berarti untuk melestarikan nilai sebenarnya dari pesan kepada audiens. Karena sifat kecepatan pesan komunikasi massa seringkali menimbulkan kesalahan redaksional dan isi dalam pesan yang ingin disampaikan.

Pesan komunikasi massa berpindah dari satu sumber ke sumber lainnya penerima dalam sistem komunikasi massa, tindakan pengiriman pesan melalu beberapa cara. Meskipun umpan balik dapat diberikan kepada publik, tetapi batas dan kemungkinan yang diberikan sangat besar dibandingkan dengan umpan balik system bentuk komunikasi lain seperti komunikasi interpersonal. 

Komunikasi massa berlangsung dalam konteks sosial, hal ini menciptakan pengaruh hubungan timbal balik antara media dan masyarakat. Media berhak atas pengaruh tertentu pada masyarakat, membawa kesadaran dan ide-ide baru, mengajar keterampilan, sehingga masyarakat membawa pengaruh media massa.

Fungsi komunikasi massa itu sendiri yaitu:

  • Pengawasan, komunikasi massa memiliki fungsi pengawasan yang menjadi mata maupun telinga untuk masyarakat yang mencari informasi tentang suatu hal
  • Korelasi, fungsi korelasi dalam komunikasi massa artinya bahwa media menyajikan fakta yang digunakan oleh masyarakat untuk bergerak ke seluruh dunia.
  • Sensasionalisasi, menurut fungsi sensasionalisasi pada komunikasi massa, artinya bahwa media lebih mengedepankan pesan yang paling sensasional untuk meraih gairah dari konsumen.
  • Hiburan, komunikasi maasa juga memiliki fungsi sebagai hiburan, contohnya adalah komunikasi massa yang disebarkan melalui majalah, televisi, berita online dan lainnya yang menyajikan beragam informasi atau pesan menghibur untuk khalayak ramai.
  • Penularan atau penyebaran, pada fungsi ini Media massa memiliki peran penting dalam proses sosialisasi serta penyebaran informasi.
  • Mobilisasi, fungsi dari komunikasi massa yang keenam adalah untuk memobilisasi masyarakat yang selama ini berada dalam masa krisis. Contohnya adalah ketika terjadi suatu peristiwa yang menimpa sebuah kota di negara.
  • Validasi, fungsi terakhir dari komunikasi massa adalah sebagai validasi atas status maupun norma individu, organisasi, gerakan serta produk tertentu.



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline