Lihat ke Halaman Asli

pipit khs

Mahasiswa

Mahasiswa KKN TIM 1 UNDIP 2023 Adakan Sosialisasi Terkait Pentingnya Keberadaan Perpustakaan Sekolah di SD Negeri Pucanggading

Diperbarui: 10 Februari 2023   15:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Batang (19/1/2023). Mahasiswa KKN Tim 1 Universitas Diponegoro mengadakan sosialisasi terkait dengan pentingnya keberadaan perpustakaan sekolah yang dihadiri oleh para guru SD Negeri Pucanggading.

Keberadaan perpustakaan di SD Negeri Pucanggading, masih hanya sebatas tempat menyimpan buku pelajaran yang sudah tidak dipakai, selain itu gedung perpustakaan pun digabung dengan gudang sekolah. Akibatnya, perpustakaan tidak berjalan sesuai dengan fungsinya yang berimbas pada asingnya siswa sekolah dengan perpustakaan.

Berangkat dari permasalahan tersebut, Pipit Kusuma Hati Sipasi (22), salah satu mahasiswa KKN Tim 1 Universitas Diponegoro Tahun 2022/2023 yang berlokasi di Desa Pucanggading Kabupaten Batang, berinisiatif untuk memberikan sosialisasi kepada guru di SD Negeri Pucanggading mengenai pentingnya keberadaan perpustakaan sekolah.

Perpustakaan kini masih sering dianggap sepele oleh banyak kalangan masyarakat dan hanya diketahui sebagai tempat menyimpan dan membaca buku. Padahal, keberadaan perpustakaan memiliki peran yang lebih dari itu, terlebih keberadaan perpustakaan sekolah. 

Pembiasaan kegiatan literasi dan membaca perlu ditanamkan sejak dini, agar hal tersebut menjadi sebuah kebiasaan yang positif. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mendukung hal tersebut adalah melalui keberadaan perpustakaan sekolah dasar. 

Siswa dapat dikembangkan minat baca dan literasinya melalui kegiatan-kegiatan yang bersangkutan dengan perpustakaan. Namun sayang, masih banyak orang yang menyepelekan hal tersebut, termasuk guru-guru sekolah dasar.

Program sosialisasi ini dilaksanakan dengan memaparkan materi yang mendukung terkait pentingnya keberadaan perpustakaan sekolah dasar. Materi yang disampaikan meliputi pengertian perpustakaan sekolah, undang-undang yang mengatur tentang perpustakaan dan perpustakaan sekolah, fungsi dan tujuan perpustakaan, serta peran perpustakaan sekolah lainnya yang dapat bermanfaat baik bagi pihak sekolah, guru, maupun siswa. 

Sosialisasi diikuti dengan tertib dan teratur, para guru pun mendengarkan baik hingga selesai. Sosialisasi ini diakhiri dengan menyerahkan poster mengenai standar nasional perpustakaan sekolah dasar yang dapat digunakan sebagai acuan dalam memperbaiki perpustakaan sekolah yang sudah ada agar sesuai standar dan dapat berfungsi dengan baik. 

Dengan adanya program ini diharapkan dapat menjadi penggugah kesadaran guru-guru SD Negeri Pucanggading agar dapat segera memperbaiki perpustakaan sekolahnya sehingga perpustakaan dapat berfungsi dengan seharusnya.

Penulis: Pipit Kusuma Hati S




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline