Lihat ke Halaman Asli

Pipin Piniman

Guru SMKN 1 Rancah Kabupaten Ciamis

Refleksi Dwi Mingguan ke-4 Modul 1.4. Budaya Positif

Diperbarui: 9 Agustus 2024   14:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

SumberPribadi

Salam Bahagia!

Refleksi dwi mingguan ke-4 saya berkaitan dengan perjalanan belajar yang sedang saya jalani di Modul 1.4 tentang Budaya Positif, materi yang luar biasa menurut saya sebagai bekal dan pembendaharaan saya dalam menjalankan tugas sebagai guru, setidaknya ada 6 (enam) poin penting yang saya pahami dari modul 1.4, yakni 1) Disiplin Positif dan Nilai-Nilai Kebajikan Universal, 2) Teori Motivasi, Hukuman dan Penghargaan serta Restitusi, 3) Keyakinan Kelas, 4) Kebutuhan Dasar Manusia dan Dunia Berkualitas, 5) Lima Posisi Kontrol, dan 6) Segitiga Restitusi. Jumlah materi yang cukup banyak dan penting membuat saya harus benar-benar menfokuskan diri dalam memahaminya.

Melalui modul ini saya merefleksi diri tentang perjalanan saya sebagai guru ketika dihadapkan pada permasalahan di dalam kelas atau sekolah, tindakan-tindakan yang saya lakukan dalam penyelesaian masalah ternyata masih banyak yang harus dirubah dan disempurnakan, tentang cara pandang saya terhadap perilaku murid, tentang respon saya, tentang langkah dan tindakan yang cenderung masih menyudutkan dan menyalahkan murid ketimbang memerankan diri pada peran kontrol terbaik sehingga murid menyadari sendiri kesalahannya dengan tidak kehilangan kepercayaan dirinya, serta menemukan cara sendiri untuk bertindak positif dan memperbaiki diri agar keyakinan kelas maupun keyakinan sekolah dapat tercapai dengan baik.

Pada modul ini juga saya menyadari bahwa tidak ada satu orang pun yang dapat mengontrol orang lain, jikapun murid melakukan suatu perintah guru maka pada kenyataannya dikarenakan murid tersebut mengizinkan dirinya dikontrol, maka yang perlu kita upayakan bukanlah bagaimana caranya mengontrol murid, tetapi bagaimana caranya murid agar mau mengontrol dirinya sendiri dalam melakukan nilai-nilai kebajikan universal. Murid memiliki kehidupan sendiri, mandiri dan merdeka, tugas guru bagaimana mereka mampu mengoptimalkan kemandirian dan kemerdekaan yang dimiliki dalam menjalani kehidupan, tujuannya tentu bahagia dan selamat baik sebagai individu maupun sebagai kelompok masyarakat.

Jurnal refleksi dwi mingguan ini keempat ini secara detail saya jabarkan sebagai berikut:

 

 PERISTIWA/FACT

Sebagaimana penguraian di atas, dalam dua minggu ini saya tengah belajar modul 1.2 Budaya Positif, pada saat jurnal dibuat saya telah menyelesaikan tahapan Ruang Kolaborasi Kelompok, setelah sebelumnya saya menuntaskan pengerjaan modul 1.3 tentang Visi Guru Penggerak tahap Aksi Nyata Modul 1.3.

Kegiatan diawali dengan Mulai Dari Diri, saya menjawab beberapa pertanyaan berdasar pemahaman awal saya terkait penciptaan suasana positif di lingkungan sekolah yang akan mempengaruhi perkembangan murid dan aktivitas pembelajaran murid secara umum, bagaimana upaya yang bisa kita lakukan, manfaat dari terciptanya budaya positif, mengamati penerapan disiplin di sekolah, menguraikan impian tentang sekolah, dan memposisikan diri sebagai pemimpin dalam upaya menciptakan lingkungan yang positif.

Tahap berikutnya saya melakukan eksplorasi konsep, saya mempelajari materi tentang 1) disiplin positif dan nilai-nilai kebajikan; 2) teori motivasi, hukuman dan penghargaan, restitusi; 3) Keyakinan kelas; 4) Kebutuhan Dasar Manusia dan Dunia Berkualitas; 5) Restitusi – Lima Posisi Kontrol; dan 6) Restitusi – Segitiga Restitusi. Dari materi-materi yang saya eksplor tersebut saya banyak belajar tentang bagaimana menerapkan displin positif agar tercapai nilai kebajikan di dalam kelas, menposisikan diri dalam posisi kontrol yang tepat serta bertindak menggunakan segitiga restitusi.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline