Lihat ke Halaman Asli

Pipin Piniman

Guru SMKN 1 Rancah Kabupaten Ciamis

Refleksi Dwi Mingguan ke-2 Modul 1.2. Nilai dan Peran Guru Penggerak

Diperbarui: 27 Juli 2024   07:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber Pribadi

Salam dan Bahagia!

Tidak terasa perjalanan belajar saya dalam pendidikan guru penggerak telah sampai di dwi mingguan yang kedua, satu bulan perjalanan belajar yang luar biasa bagi saya dimana banyak pemahaman baru yang dapat saya aktualisasikan dalam kehidupan saya di sekolah, maupun banyak pelurusan konsepsi yang selama ini saya anggap benar padahal itu merupakan pemahaman yang salah.

Pada dua minggu ini saya belajar modul 1.2 yaitu tentang Nilai-Nilai dan Peran Guru Penggerak, saya belajar bagaimana seorang guru dapat bertransformasi melalui tahapan tergerak, bergerak dan menggerakan.

Memahami tahap tergerak, setidaknya ada tiga unsur yang perlu kita perhatikan yaitu cara kerja otak manusia, kebutuhan manusia dan tahap tumbuh kembang manusia. Jika kita memperhatikan cara kerja otak manusia, kita mengenal sistem berfikir cepat dan sistem berfikir lambat, secara konsep alami manusia cenderung menganggap bahwa segala sesuatu yang datang pada dirinya adalah sebuah ancaman, sehingga menuntut manusia berfikir secara cepat untuk merespon dan sering mengabaikan sistem berfikir lambat, padahal sistem berfikir lambat mampu membuat kita bertindak lebih tepat. Pada unsur kebutuhan manusia, setidaknya ada 5 (lima) kebutuhan yang tidak lepas dari kita, yaitu bertahan hidup, kasih sayang, kekuasaan, kebebasan dan kesenangan, kelima kebutuhan tersebut perlu perhatian karena manusia akan selalu berusaha mencukupi kebutuhan-kebutuhan tersebut. Unsur yang terakhir adalah tahap tumbuh kembang manusia terdiri dari wiraga dan wirama, dimana manusia pada awalnya tumbuh dalam masa aktif dan penuh dengan pertanyaan, sulit untuk duduk diam dan fokusnya masih pendek serta lebih suka bergerak dan beraktivitas, menuju masa dimana manusia menemukan passion atau minat yang mendalam serta sudah mampu mengenal dan mengatur diri sendiri. Ketiga unsur ini jika diperdalam merupakan unsur yang dapat membuat kita sebagai manusia khususnya guru penggerak dapat beranjak dari tahapan diam ke tahapan tergerak.

Memahami tahap bergerak, kita mempelajari teori pilihan dan motivasi intrinsik, dua hal tersebut menjadi pendorong manusia akan bergerak, bergerak kearah yang jelas yaitu mewujudkan profil pelajar pancasila, profil pelajar pancasila merupakan profil manusia dengan predikat baik yang kita yakini, yaitu manusia yang memiliki 6 dimensi utuh yaitu 1) bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, 2) mandiri, 3) bergotong-royong, 4) berkebinekaan global, 5) bernalar kritis, dan 6) kreatif. Selanjutnya dalam mendukung upaya kita bergerak ada 5 nilai yang kita harus kembangkan dan aktualisasikan yang kita kenal dengan Nilai Guru Penggerak, kelima nilai tersebut adalah berpihak pada murid, mandiri, reflektif, kolaboratif dan inovatif.

Memahami tahap terakhir dari transformasi guru penggerak yaitu tahap menggerakan, dalam tahap menggerakan pertama kita harus memahami teori berfikir strategis dan menguatkan lingkaran pengaruh bahwa pengaruh lingkungan yang baik akan membawa seseorang ke arah kebaikan begitu juga sebaliknya. Yang kedua memahami diagram identitas gunung es sebagai bentuk pemahaman bahwa ada banyak identitas manusia yang tersembunyi dan perlu dikuatkan oleh kita sebagai bahan atau objek “menggerakan”. Dan yang ketiga tentu tugas kita memerankan diri menjadi agen menggerakan yang dikemas dalam peran guru penggerak, yaitu sebagai pemimpin pembelajaran, coach bagi guru lain, mendorong kolaborasi, mewujudkan kepemimpinan peserta didik dan menggerakan komunitas  praktisi.

Seperti sebelumnya, pada jurnal refleksi dwi mingguan yang kedua ini, saya juga akan menulis kerangka 4P, yaitu peristiwa, perasaan, pembelajaran dan penerapan ke depan.

PERISTIWA/FACT

Sebagaimana penguraian di atas, dua minggu ini saya sedang mempelajari modul 1.2 tentang Nilai-Nilai dan Peran Guru Penggerak melalui alur belajar MERDEKA. Pada saat jurnal ini dibuat, saya sedang berada pada tahapan alur Elaborasi.

Pada tahap Mulai dari diri saya membuat diagram trapesium usia, dimana saya menggali pengalaman dan perjalanan hidup saya dari mulai awal hingga titik nanti saat lepas pensiun, saya menemukan masa dimana masa tersebut sangat berarti dan memberi dampak positif bagi saya serta masa dimana saya menilai masa tersebut memberi dampak negatif bagi saya, dan pada akhirnya saya belajar tentang pelajaran hidup yang dapat diambil dari dua titik masa tersebut.

Kegiatan selanjutnya adalah Eksplorasi Konsep, pada tahap ini saya menuliskan nilai dan peran yang saya lakukan yang termasuk ke dalam nilai dan peran guru penggerak, kegiatan ini membuat saya menyadari bahwa sebenarnya potenasi mengatualisasikan nilai dan peran guru penggerak itu tidak harus kegiatan yang besar, tetapi dari kegiatan keseharianpun dapat kita lakukan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline