Lihat ke Halaman Asli

Piona Nopita

Piona Nopita Mahasiswa Administrasi Negara UIN SUSKA RIAU

Keberadaan Samsat Keliling Membantu Masyarakat Kecamatan Tandun Kabupaten Rokan Hulu Dalam Melaksanakan Urusan Kendaraan Bermotor

Diperbarui: 18 Desember 2022   13:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber Gambar : instagram @samsatkelilingrokanhulu

Oleh : Piona Nopita, Mahasiswa Administrasi Negara Uin Suska Riau

 Indonesia merupakan negara yang demokrasi  di mana semua warga negaranya memiliki hak yang sama  untuk mengambil keputusan yang dapat mengubah hidup mereka,semua masyarakat indonesia harus memilki kesamaan hak dengan masyarakat lainnya  tanpa harus memandang golongan,suku,ras, maupun agama salah satu contohnya dari segi pelayanan publik , pelayanan publik  di dalam undang-undang N0.25 tahun  2009 pasal 1 ayat (1) di sebutkan bahwa " pelayanan publik adalah kegiatan atau rangkaian kegiatan dalam rangka pemenuhan kebutuhan pelayanan sesuai dengan peraturan perundang-undangan bagi setiap warga negara dan penduduk atas barang , jasa ,atau pelayanan administratif yang di sediakan oleh penyelenggara pelayanan publik.banyak jenis pelayanan yang ada di indonesia salah satunya di dalam undang-undang telah di jelaskan bahwa ada sistem pelayanan administratif pelayanan administratif merupakan pelayanan yang yang hasil akhirnya berupa surat menyurat maupun dokumen resmi .salah satu  contohnya samsat di mana samsat ini menetapkan sistem pelayanan publik administratif. sasmsat atau (sistem administrasi manunggal satu atap merupakan satu serangkaian kegiatan dalam penyelenggaraan registrasi dan identifikasi kendaraan bermotor (regiden ranmor).pembayaran pajak kendaraan bermotor (PKB) bea balik naman kendaraan bermotor (BBNKB) dan pembayaran sumbangan wajib dana kecelakaan lalu lintas (SWDKLL) dan angkutan jalan secara terintegrasi dan terkordinasi dalam kantor bersama samsat. 

Kondisi indonesia dua tahun belakangan ini yang terserang dari adanya wabah covid-19 yang membuat pemerintah harus mengeluarkan beberapa kebijakan untuk meminilisir penyebaran wabah covid-19 salah satunya ,mengurangi aktivitas di luar ruangan serta tidak boleh adanya kerumunan untuk menjaga penyebaab dari wabah covid-19 maka dari itu karena adanya beberapa perubahan kebijakan yang di lakukan pemerintah untuk menyesuaikan dengan kondisi pada saat itu  maka dari itu pemerintah daerah kabupaten Rokan Hulu mengadakan program samsat keliling di mana salah satu tujuan di adakannya samsat keliling ini untuk menjaga antrian di kantor samsat. selain itu sebenarnya program seperti ini sangat bagus untuk di terapkan.samsat keliling ini beroperasi di beberapa kecamatan yang ada di rokan hulu salah satunya ada kecamatan tandun,  Kecamatan Tandun merupakan salah satu kecamatan yang ada di Rokan hulu. di lihat dari peta kabupaten Rokan Hulu kecamatan Tandun berada bersampingan dengan kecamatan Kabun dan Kecamatan ujung batu . kota  Kabupaten dari rokan hulu adalah Pasir Pangaraian . samsat keliling ini baru beroperasi pada tanggal 6 januari 2021 dengan adanya keberadaan samsat keliling ini sangat membantu masyarakat yang berada di kecamatan tandun dan sekitarnya tentunya untuk membayar pajak maupun memperpanjang plat kendaraan, sistem pelayanan yang cepat dan mudah juga membuat masyarakat merasa sangat terbantu dengan program yang di adakan oleh pemerintahan daerah kabupaten rokan hulu ini. Jarak tempuh tempat kantor samsat yang cukup jauh dari kecamatan tandun . yakni terdapat tiga kantor samsat yang berada di kabupaten rokan hulu. kantor samsat ujung batu, samsat kepenuhuhan,dan samsat pasir pengarain merupakan salah satu alasan yang sangat tepat untuk DI adakannya samsat keliling ini. Samsat keliling ini kan beroperasi di beberapa kecamatan yang ada di rokan hulu salah satunya di wilayah kecamatan tandun, dalam seminggu satu kali.

samsat keliling berada di depan masjid ubudiyah tandun hanya pada hari senin , jam kerja  dari samsat keliling ini mulai dari jam 09 pagi sampai dengan 12 siang , samsat keliling ini melayani pembayaran pajak serta perpanjangan plat kendaraan .sistem pembayaran pajak siap dalam satu hari, STNK bisa di ambil dalam hari dan waktu itu sesuai dengan nomor antrian  masing-masing. Dan samsat kelilinng ini juga tidak ada memungut biaya tambahaan selain dari nominal uang pajak yang telah di tetapkan. sedangkan perpanjangan plat, plat bisa di ambil satu minggu kemudian ,mengingat bahwasannya alat pencetakan plat hanya ada di kantor samsat pusat rokan hulu. dengan program samsat keliling ini sangat meningkat kan partisipasi masyarakat untuk taat dalam membayar pajak karena keberadaan yang dekat serta antrian yang tidak terlalu banyak yang membuat masyarakat tidak malas lagi untuk membayar pajak. Selain meningkatakan partisipasi masyarakat taat membayar pajak juga meningkatkan APBD di sektor pajak kendaraan kabupaten Rokan hulu.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline