Lihat ke Halaman Asli

Pintania Fauziah

Pintania Fauziah

Pengenalan Karakter Tokoh Melalui Dongeng di TK Islam Roudhotul Jannah

Diperbarui: 18 Juni 2022   18:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dok. bersama siswa/i TK Islam Roudhotul Jannah

Mahasiswa  Universitas Pamulang telah melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang di selenggarakan pada Kamis, 24 Februari 2022 di TK Islam Roudhotul Jannah, Ciledug, Tangerang.

Dalam kegiatan PKM ini, mahasiswa mencoba menggarap tema yang berjudul “Pengenalan Karakter Tokoh Melalui Dongeng TK Islam Roudhotul Jannah.

***

Acara dimulai pukul 07.30 WIB – 10.00 WIB.  Dalam kelas berjumlah 26 siswa/i nya. Yang dimana pada saat pelaksanaan siswa/i nya sangat antusias dengan kedatangan kami sebagai penyelenggara PKM Mahasiswa Universitas Pamulang Fakultas Sastra Indonesia

Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan kreativitas anak, meningkatkan daya penalaran dan mengenal karakter terhadap kepribadian seseorang kepada anak melalui dongeng. Mengapa kami memilih judul yang berkaitan dengan dongeng? Karena berkembangnya zaman modern ini, dongeng atau cerita anak hampir saja punah. Karena yang kami ketahui dari banyaknya orang tua lebih memilih melalui digital karena mempersingkat waktu dan tenaga yang disiapkan daripada menceritakan langsung kepada anak yang tentu saja manfaatnya akan lebih banyak dengan secara tidak langsung anak pun ikut membayang-bayangkan apa yang sedang dirasakan tokoh atau rasa ingin tahu yang tinggi, seolah-olah sang anak pun ikut berkomunikasi sekaligus memahami apa yang sedang diceritakan.

Acara ini diawali dengan pembukaan, perkenalan dan pembacaan susunan acara yang akan kami laksanakan. Kemudian sambutan diawali dengan ketua yaitu Azizah Fitriyani. Dan anggotanya terdiri dari 4 orang yaitu Pintania Fauziah, Zuliana Dwi Safrita, Akbar Nurfadhillah, dan Fadiah Salsa Nabilah Putri.

Pada pukul 08:00 WIB, kami menyampaikan materi yang berlangsung yaitu dongeng kelinci dan kura-kura hingga pukul 08:30, kemudian dilanjut dengan games sebagai tambahan agar mereka merasa senang dan terhibur dengan kedatangan kami. Lalu pada pukul 09:30 WIB kami mengumumkan pemenang dari games yang sudah kami siapkan dan pembagian snack tepat pada pukul 10:00 WIB.

 Sebelum acara ditutup dengan singkat ketua pelaksana PKM dan anggotanya menyampaikan banyak terima kasih kepada siswa/i TK Roudhotul Jannah yang sangat begitu antusias untuk mengapresiasi kegiatan yang kami laksanakan pada Kamis, 24 Februari 2022. Kegiatan ini diakhiri dengan penutup dan melanjutkan sesi foto bersama siswa/i nya dan bersama guru-guru yang juga telah menyambut kami dengan baik dan diiringi dengan gurauan sehingga kami mampu melaksanakan kegiatan ini dengan baik.

Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada Ibu Aminah selaku Kepala sekolah TK Islam Roudhotul Jannah yang telah memberikan tempat pelaksana untuk kami serta memberikan souvenir sebagai kenang-kenangan karena telah menghibur dan menyempatkan diri datang ke TK Islam untuk memberikan sedikit pengajaran kepada siswa/i nya. Sekaligus kami juga mengucapkan rasa Terima Kasih kepada para staff yaitu Ibu Erna, Ibu Nunung, dan Ibu Sukma atas suguhan sambutannya kepada kami dan membantu kami untuk mengatur siswa/i nya agar tetap tenang dan tertib pada saat menyampaikan materi dan pemberian hadiah atau snack.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline