Lihat ke Halaman Asli

pinka malau

mahasiswa

Pentingnya Komunikasi dalam Hubungan

Diperbarui: 29 Juli 2023   23:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pentingnya Komunikasi dalam Hubungan

Komunikasi adalah salah satu kunci terpenting dalam suatu hubungan, komunikasi diperlukan dalam sebuah hubungan agar hubungan tetap terjaga dan tidak ada nya kesalah pahaman antara satu sama lain yang membuat hubungan tetap terjaga dan harmonis. Komunikasi yang baik adalah salah satu elemen esensial dari hubungan sehat. 

Di dalam hubungan, baik itu romansa, keluarga, atau pertemanan, komunikasi diperlukan agar pribadi saling memahami. Suatu hubungan tentu terdapat masa naik dan turun, tapi semua rintangan itu dapat terlewati apabila pasangan memiliki komunikasi yang baik. 

Banyak dari kita lupa untuk mengkomunikasikan hal-hal kecil sehingga tanpa disadari "kilau" pada hubungan mulai renggang. selain itu,pasangan yang jarang berkomunikasi akan sering terkenak konflik yang akan mengakibatkan keretakan dalam sebuah hubungan.  

Para ahli juga memparkan Hubungan tanpa komunikasi mengakibatkan Konflik: Menurut penelitian Anjani dan Lestari pada 2018, apabila konflik diatasi dengan pola komunikasi yang salah dan tidak ada nya komunikasi dalam hubungan, tak menutup kemungkinan akan menimbulkan kekerasan psikis. Jadi hubungan tanpa komunikasi akan melemah. Dilansir dari Bustle, terdapat sepuluh tanda komunikasi kita dengan pasangan mulai melemah, yaitu
1.hanya mengandalkan pesan/obrolan daring untuk berkomunikasi;
2.muncul kebohongan-kebohongan kecil yang dibiarkan;
3. tidak mau membicarakan masalah secara terbuka;
4.sering memotong pembicaraan;
5.melakukan silent treatment;
6.selalu menyangkal saat berargumen;
7.hanya membalas dengan satu kata;
8. berharap kita dapat membaca pikirannya;
9. memproyeksikan emosinya kepada kita;
10. dan selalu membawa masalah lama.

Setiap orang harus menggunakan komunikasi untuk berhubungan. Oleh karena itu, komunikasi yang positif dapat membantu kesejahteraan hubungan dan kesehatan mental kedua pasangan.yang akan membuat hubungan lebih harmonis dan tetap terjaga walaupun berkominkasi buka berarti komunikasi negatif tetapi harus komunikasi positif dalam sebuah hubungan,komunika bukan harus yang berlebihan tetapi yang lebih santai yang membuat kedua belah pihak menjadi lebih tenang dalam berkomunikasi .
Memulai pembicaraan dan saling memahami

Dengan berkomunikasi yang baik bisa dimulai dari diri kita. Cobalah untuk membicarakan atau mengungkapkan hal-hal kecil, seperti bagaimana kalian saling mencintai. Dengan berbicara, semua hal akan terlihat jelas sehingga akan terhindar dari kesalahpahaman yang dapat membuat pasangan bingung dan terluka. Melansir dari Healthline, seorang psikolog klinis yang ahli dalam hubungan, Shelley Sommerfeldt, PsyD mengungkapkan bahwa komunikasi itu penting karena menumbuhkan kepercayaan dan koneksi.

Selain,itu apabila ingin hubungan lebih yang jujur dan terbuka pada pasangan dengan itu kita harus berkomunikasi dengan pasangan,supaya hubungan akan selalu harmonis.tetapi dalam berkomunikasi harus memberi tanggapan yang bijak dan baik pada pasangan kita supaya pasangan kita akan nyaman dan komunikasi akan lancar tidak canggung satu sama lain.Selain berani berbicara, memahami pasangan saat mengungkapkan keresahannya juga penting. 

Memberi tanggapan dengan bijak dapat membuat pasangan merasa dihargai perasaannya. Jangan sampai kita memberikan respons negatif yang nantinya membuat pasangan sungkan untuk bercerita. Untuk memulai komunikasi yang sehat tidaklah mudah; diperlukan kerja keras dan berbagai usaha.

Oleh karena itu,berkomunikasi sangat cocok untuk pasangan supaya dapat memahami pasangan kita satu sama lain.meskipun terlihat kesulitan tetapi kita harus percaya diri untuk membuka komikasi dengan itu pasangan kita juga akan mau berkomunikasi dengan kita.

Dengan mengajak berkomunikasi bukan semata hanya ingin berbicara saja tetapi untuk mengenal pasangan kita lebih dalam bagaimana sifat nya kita akan tau dengan cara mengajak berkomunikasi atau berinteraksi. Tetapi walaupun kita berkomunikasi dengan baik dengan pasangan kita pada dasar nya dalam setiap hubungan pasti ada konflik baik konflik besar maupun konflik kecil

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline