Lihat ke Halaman Asli

KKN Tematik UM 2020: Digital Marketing untuk Pengembangan Usaha Desa Sumberdem

Diperbarui: 10 November 2020   20:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

instagram kampoeng_kopi_sumberdem/dokpri

Adanya wabah pandemi covid-19 telah memberikan dampak terhadap kegiatan ekonomi yang melemah drastis. Oleh karena itu, para pelaku usaha ditantang untuk membuat strategi agar usaha yang dijalankan tidak berhenti selama masa pandemi. Salah satunya cara mempertahankan usaha dengan menggunakan strategi digital marketing. 

Hal ini dikarenakan masyarakat selama masa pandemi akan lebih sering berbelanja melalui media sosial dan membatasi pembelian secara langsung guna memutus rantai penyebaran covid-19. Pada kegiatan Kuliah Kerja Nyata UM 2020 ini salah satu program kerja yang kami jalankan yaitu membantu UMKM Desa Sumberdem,Kecamatan Wonosari Kabupaten Malang dalam mengembangkan usahanya melalui digital marketing.

Digital Marketing merupakan strategi untuk memasarkan suatu produk dengan memanfaatkan teknologi digital. Beberapa akses digital marketing dapat dilakukan digital marketing advertising yaitu produk dapat dipromosikan atau diiklankan dengan menggunakan media digital seperti media sosial, blog, website, dan lain sebagainya. Manfaat dalam penggunakan digital marketing ini selain dapat memudahkan komunikasi dengan konsumen, juga dapat memperluas pangsa pasar dengan mudah.

Maka dari itu kami mahasiswa KKN Tematik UM 2020 dari program studi S1 Teknik Mesin membantu mengembangkan usaha para UMKM dengan beberapa layanan online diantaranya:

  1. Social Media

Social media yang dikembangkan melalui platform instagram dimana banyak sekali peluang yang akan didapatkan jika memaksimalkan platform ini. pengetahuan mengenai engagement rate yang perlu dikuasai semua ahli pemasaran di media sosial.

Dilansir dari Hopperhq, engagement rate adalah metrik dasar yang digunakan dalam pemasaran media sosial untuk mengukur kinerja sebuah konten pada platform media sosial, khususnya di Instagram dan Website.

Indikator satu ini wajib hukumnya untuk dipahami oleh para marketer dan influencer untuk mengukur keterlibatan audiens dengan post mereka.

Bila sebuah konten mendapatkan banyak perhatian dari followers, secara langsung pengetahuan publik terhadap brand akan meningkat.

Engagement rate juga dapat digunakan sebagai dasar riset untuk mengetahui kebutuhan audiens berdasarkan jumlah interaksi mereka dengan beberapa konten tertentu.

  1. Website for PC 

Webiste for PC dapat diakses di desasumberdem18320.wixsite.com

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline