Lihat ke Halaman Asli

Pilar Menara

Mahasiswa

Tim PPK Ormawa BEM FK Unej Gagas Mobilisasi Ukur Antropometri pada Balita dan Bumil Untuk Eliminasi Tengkes di Desa Jatisari

Diperbarui: 5 Agustus 2024   13:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Arsip Pribadi Penulis

Tim PPK Ormawa  BEM FK Unej yang dipimpin oleh Ali telah melaksanakan giat kunjungan lapangan yang menggandeng kader kesehatan, nakes, dan aparat pemdes Desa Jatisari. Kegiatan tersebut berlokasi di Posyandu Pos Apel 78 dan 81. Kegiatan di Posyandu Pos Apel 78 berupa menimbang berat badan, mengukur  tinggi badan, lingkar lengan atas, dan memeriksa kesehatan ibu hamil, serta imunisasi. Kegiatan  di Posyandu Pos Apel 81 berupa pengukuran tinggi badan, menimbang berat badan, dan pemberian makanan tambahan pada balita. Acara tersebut dilaksanakan pada hari Selasa, 9 Juli 2024.

Tim PPK Ormawa BEM FK Unej terdiri dari tim pelaksana dan tim pendukung. Tim pelaksana terdiri dari Alifiah Zalika Azharra, Ralief Yusrial Fabiyyanza, James Jedidiah Aryo Wibowo,  Aynani Tajriyan, Jihan Alifah, Muhammad Zulfikri Ali Syabana, Intan Putri Salsabila, Syanda Aisyah, Pradipta Pawitradyaka Wardhono, Rizky Bintang Andika, Alyssa Haifa Mumtazah, Ifa Khoiriyah, Arif Dwi Wicaksono, dan Pilar Menara Falah. Tim pendukung terdiri dari Ilham Fahmi Hadziqi, Nizar Arkana Abiyu, Elang Avinindra Virgiananta al-Hasany, Joshua Revival Suhendro, Syahla Aqila Tsabita, Jihad Sahazra Chakra Firdaussaid, Ni Putu Desya Chandraka Dewi, Candra Agung Wibisana. Tim PPK Ormawa didampingi oleh  dr. Yudha Nurdian, M.Kes.

Arsip Pribadi Penulis

Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pengukuran antropometri oleh kader posyandu Desa Jatisari. Cara menilai status gizi secara langsung yang familiar dan dapat diterapkan dengan jumlah peserta yang banyak adalah antropometri. Pengukuran antropometri di posyandu biasanya  dilakukan oleh kader sehingga keterampilan menggunakan alat antropometri berat badan, panjang badan atau tinggi badan, dan pita LILA perlu ditingkatkan  dan dilakukan dengan lebih teliti demi ketepatan interpretasi status gizi. 

Arsip Pribadi Penulis

Tim PPK Ormawa BEM FK Unej menggagas suatu program yang terdiri atas rangkaian kegiatan untuk meningkatkan peran serta balita menimbang dan memantau status gizi dengan memobilisasi balita ke posyandu melalui kader atau meningkatkan peran serta guru PAUD, TK, TPA untuk memantau status gizi petumbuhan dan perkembangan anak. Program ini melibatkan nakes dan named dari Puskesmas Kemuningsari Lor, unsur kecamatan, dan pemdes. 

Arsip Pribadi Penulis




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline