Lihat ke Halaman Asli

Kunci Ilmu Hikmah Keberkatan Ahli Silsilah

Diperbarui: 12 Oktober 2020   14:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pexels | Ekrulila

Ilmu Hikmah merupakan cabang ilmu pengetahuan yang ada di dalam tasawuf.

Ilmu Tasawuf sendiri merupakan bagian dari ilmu agama yang banyak membahas tentang bagaimana berhubungan dengan Sang Pencipta secara transedental yang memiliki jalur silsilah keilmuan sebagai jembatan penghantarnya.

Dalam ilmu tasawuf, peran seorang guru sangat penting, karena guru adalah orang yang telah mengenalkan diri kita sehingga dapat mengenal ahli silsilah keilmuan lainnya sebelum guru kita.

Ternyata, peran seorang guru tidak cuma sampai di situ. Secara ruhani, ketika seseorang mengangkat guru, atau seorang guru menerima seorang murid, maka sejak saat itu sudah terjalin keterikatan ruhani yang nantinya akan mempengaruhi banyak hal keberhasilan murid di dalam menuntut ilmu pengetahuan.

Begitu juga halnya pada ilmu hikmah sebagai cabang dari ilmu tasawuf, tidak cukup seseorang yang berminat untuk mempelajari ilmu pengetahuan hikmah ini hanya mengandalkan membaca buku sendiri, atau mengkoleksi buku-buku dan amalan-amalan yang di dapat dari teman atau mungkin dari internet, tanpa memiliki seorang guru pembimbing dalam mempelajari ilmu hikmah.

Karena ilmu hikmah adalah bagian dari ilmu tasawuf, maka guru yang tepat untuk mempelajari ilmu pengetahuan hikmah ini adalah seorang guru tasawuf. Inilah fakta yang kurang banyak dipahami oleh masyarakat mengenai metode mempelajari ilmu hikmah yang sebenarnya.

Sebagai bukti, beberapa kitab ilmu hikmah di bawah ini, yang digunakan sebagai referensi para ahli ilmu hikmah di seluruh dunia, ternyata disusun oleh para Mursyid/Syekh sebagai Guru Thoriqoh yang mengajarkan ilmu tasawuf yang bersandar pada Al Qur'an dan Sunnah yang senafas dengan Al Qur'an.

1. Mamba' Ushulul Hikmah oleh Syekh Ahmad Ali Al Buni2. Sirrul Jalil oleh Syekh Abu Hasan As Syadzili3. Syamsul Ma'arif oleh Syekh Ahmad Ali Al Buni4. Al Aufaq oleh Imam Ghazali5. Khozinatul Asror oleh Syekh Muhammad Haqqi An Nazili

Dan masih banyak lagi kitab-kitab keilmuan hikmah yang dikarang atau disusun oleh para Guru/Mursyid Thoriqoh yang kemudian menyebar ke seluruh dunia dan menjadi permata hikmah dalam dunia Islam.

Saat ini banyak beredar tulisan-tulisan tentang amalan-amalan yang belum jelas sumber dan sanad silsilah keilmuannya.

Inilah yang perlu menjadi pertimbangan masyarakat dalam kiat untuk mengatasi berbagai persoalan dalam kehidupan dengan menggunakan ilmu hikmah. Jangan sampai niat untuk mendapatkan berkah dan keberhasilan dengan mengamalkan ilmu hikmah malah menjadi sebaliknya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline