Lihat ke Halaman Asli

Kornas KKT-PTI, Daenk Djamal, Launching Bantuan KKT-PTI di Labuan Bajo

Diperbarui: 16 November 2021   15:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kornas KKT-PTI, Daenk Djamal Saat Launching Bantuan KKT-PTI di Labuan Bajo, Kamis, 11/11/2021 lalu (Foto: Dok.  Devisi Intensifikasi KKT-PTI)

Labuan Bajo,-- Koordinator Nasional (Kornas), Daenk Djamal Launching Penyerahan Bantuan Komando Kawasan Terpaut Pemuda Tani Indonesia (KKT-PTI), Kepada Petani Melenial yang tergabung dalam Kelompok Tani Usaha Bersama (KUB Unit K-PTI) di Labuan Bajo, Kabupaten Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi NTT,  pada Kamis, 11/11/2021 lalu.

Dengan dilaunching Bantuan KKT-PTI di Labuan Bajo oleh Koordinator Nasional KKT-PTI, Daenk Djamal, menjadi tonggak dimulai penyerahan bantuan kepada kurang lebih 1. 000 Petani Melenial Indonesia yang tergabung dalam 100 Kelompok Tani Usaha Bersama Unit Petani Indonesia (KUB Unit K-PTI) yang tersebar di 9 Kabupaten/Kota di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Acara Launching pemberian bantuan dilakukan langsung oleh Kornas KKT-PTI Daenk Djamal, Kegiatan ini juga dihadiri  oleh Dinas Pertanian Tanaman Pangan Kabupaten Menggarai Barat yang diwakili oleh Kepala Bidang Sarana Prasarana dan Tokoh masyarakat setempat, selain itu dihadiri juga oleh Petani Melenial bentukan KKT-PTI.

Menurut Kepala Devisi Intensifikasi KKT-PTI, Anwar Thalib, Dipilihnya Lokasi Launching Penyerahan Bantuan di Manggarai Barat atau Labuan Bajo, bukan hanya skedar memilih tempat, namun ada nilai promosi  terhadap destinasi wisata yang super premium yang dimiliki Indonesia di daerah tersebut.

"Secara tidak langsung KKT-PTI berkontribusi terhadap promosi wisata Indonesia" sebut Anwar Talib

Ia menambahkan bahwa secara Nasional calon penerima bantuan dari KKT-PTI yang telah memenuhi syarat juridis formal sudah mencapi 500 Kelompok Tani, dan kurang lebih 10.000 pemuda Tani.

Khusus NTT  kelompok Tani yang sudah siap menerima bantuan kurang lebih 100 Kelompok dan 1.000 Pemuda Tani yang tersebar di 9 Kabupaten/Kota, bantuan tersebut ditargerkan akan terealisasi selama 3 tahun kedepan.

Bantuan ini merupakan program Pertanian yang telah dicanangkan oleh KKT-PTI bekerjasama dengan Kementerian Pertanian Republik Indonesia sejak Desember 2020

Ada beberapa bantuan yang akan diterima oleh Petani Milenial secara bertahap, sesuai dengan program yang telah di cangkan oleh KKT-PTI bekerjasama dengan Kementan. Mulai dari alat pertanian; Traktor tangan, pompa air, bibit jagung, dan juga ternak hewan; ada Sapi, Kambing, Itik, dan Ayam. Namun tahap awal telah diserahkan secara simbolis traktor tangan, pompa air, bibit jagung beserta Unit Pengolahan Pupuk Organik (UPPO).


Target KKT-PTI bukan hanya sekedar bentuk seremoni belaka, tapi akan terciptanya sebuah kesejahteraan petani Indonesia. Dikarenakan selain memberikan bantuan, KKT-PTI juga memberikan edukasi dan pengawasan kepada petani Melenial yang menerima bantuan tersebut, agar bantuan yang telah disalurkan betul-betul bisa dimanfaatkan dan dikembangkan agar dapat terciptanya petani yang mandiri dan moderen.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline