Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa FIKOM Universitas Mercu Buana Selenggarakan Kuliah Peduli Negeri di Desa Bojong Menteng

Diperbarui: 19 Mei 2023   23:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Masyarakat Bojong Menteng dan FIKOM UMB (Dokpri)

Banten, 7 Mei 2023 - Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana kembali membuat perbedaan melalui program pengabdian masyarakat bernama Kuliah Peduli Negeri (KPN). Acara yang mengangkat tema " Meningkatkan Kemampuan Masyarakat dalam Bidang Komunikasi & Pariwisata " ini berlangsung pada Minggu, 7 Mei 2023, di Desa Bojong Menteng, yang terletak di dekat Desa Wisata Baduy Banten yang terkenal.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang disampaikan oleh para mahasiswa bertujuan untuk memberikan pelatihan dan peningkatan pengetahuan kepada warga Desa Bojong Menteng, khususnya di bidang komunikasi dan pariwisata. Program tersebut mencakup enam kelas yang dirancang untuk meningkatkan kemampuan desa, mencakup berbagai topik yang berkaitan dengan manajemen dan promosi pariwisata yang diantaranya: antara Keterampilan Komunikasi untuk Profesional Pariwisata, Menangkal Informasi Hoaks dan Konten Negatif, Teknik Vlog Untuk Pemula, Fotografi Produk menggunakan alat sederhana dan smartphone, Social Media for Branding & Business, serta Komunikasi dan Manajemen Pariwisata.

whatsapp-image-2023-05-19-at-18-53-45-1-64678f125479c339b643de72.jpeg

Kelas Komunikasi dan Manajemen Pariwisata mempelajari strategi dan praktik terbaik untuk mengelola kegiatan pariwisata secara berkelanjutan dan tetap bertanggung jawab pada lingkungan alam sekitar. Seperti cara mengolah hasil bumi Desa Bojong Menteng, penyusunan paket wisata, hingga cara mengelola anggaran wisata. Kegiatan ini juga menyoroti pentingnya media sosial dalam mempromosikan destinasi dan produk pariwisata masyarakat Bojong Menteng, mendorong peserta untuk memanfaatkan saluran ini secara efektif untuk menjangkau khalayak luas.

(Dokpri)

Kegiatan ini dapat terwujud melalui upaya kolaborasi dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Lebak, pemerintah Desa Bojong Menteng, PT. Pupuk Indonesia, PT. Tom Cococha Indonesia, Yayasan T60, dan tidak lupa dengan dukungan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. Acara ini menarik peserta dari berbagai latar belakang, antara lain siswa SMK, ibu-ibu PKK, pengusaha UMKM, pendidik PAUD, SD, dan SMK, perwakilan dari Posyandu setempat, karang taruna, dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis).

Menyatakan kepuasannya, Bapak Ahmad Mulyana, M.Si, Dekan Universitas Mercu Buana menyatakan, "Kami sangat senang dapat kembali berpartisipasi dalam acara ini. Kami berharap kegiatan yang berkelanjutan ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat Desa Bojong Menteng dan meningkatkan kemampuan mereka dalam bidang komunikasi dan pariwisata." Bapak Asep Jembar Mulyana selaku Ketua Panitia juga menambahkan, "Kami berharap dengan adanya kegiatan ini, masyarakat Desa Bojong Menteng dapat lebih maju dan berkembang dalam UMKM serta bidang pariwisata "

Selain sesi pelatihan, acara ini juga diisi dengan penyerahan bantuan fasilitas sanitasi, termasuk fasilitas kamar mandi, toilet, dan septic tank yang disediakan oleh PT. Pupuk Indonesia kepada Sekretaris Desa Bojong Menteng. Sekretaris Desa mewakili Kepala Desa yang tidak hadir mengucapkan terima kasih atas kegiatan tersebut, "Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat desa, karena saat ini adalah era digital sehingga akan menolong kami semua untuk bisa bersaing dan mengembangkan kemajuan desa."

Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana mendedikasikan diri untuk kegiatan pengabdian masyarakat yang berkelanjutan, mewujudkan komitmen institusi untuk berkontribusi aktif dalam perbaikan masyarakat. Inisiatif-inisiatif ini menggarisbawahi dedikasi universitas untuk menciptakan dampak positif dan mendorong pembangunan, baik dalam bidang pendidikan maupun di luarnya.





BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline