Member atau anggota memiliki dua peran dalam koperasi yaitu sebagai pemilik dan pengguna jasa. Oleh karena itu anggota merupakan aset terbesar sebuah koperasi. Tanpa keaktifan anggota, koperasi hanyalah kumpulan modal yang rapuh dan rentan terhadap risiko baik internal maupun eksternal.
Anggota yang loyal akan memberi prioritas pada produk dan layanan koperasi dibanding produk dan layanan serupa di luar koperasi. Misalnya saat anggota membutuhkan pinjaman dana, anggota tersebut mungkin akan membandingkan produk pinjaman di koperasi dengan lembaga lain seperti perbankan, pegadaian atau juga koperasi lain, jika anggota tersebut bergabung pada lebih dari satu koperasi.
Jika anggota merasakan relasi yang kuat dengan koperasi, hal tersebut juga akan menjadi salah satu pertimbangan selain karakteristik pinjaman pada umumnya seperti suku bunga dan jangka waktu pembayaran.
Untuk meningkatkan loyalitas anggota, selain menyediakan produk dan layanan yang dibutuhkan, koperasi juga harus menyediakan program-program yang memberikan manfaat tambahan bagi anggota sebagai pengguna jasa. Dalam tata kelola organisasi, kita mengenal program ini sebagai program member benefit.
Program member benefit yang tepat dapat menyentuh sisi emosional anggota yang bersangkutan sehingga menjadi salah satu dasar pertimbangan saat memilih produk dan layanan.
Program member benefit ini tidak harus sesuatu yang wah atau bombastis, hal-hal sederhana namun tepat justru dapat memberikan kesan yang kuat bagi anggota. Berikut beberapa contoh program member benefit yang bisa diterapkan koperasi:
Reward bagi Anggota Berprestasi.
Prestasi yang dimaksud di sini bisa diinterpretasikan lebih luas, seperti misalnya anggota yang aktif meminjam dan membayar tepat waktu (juga tepat jumlah), anggota yang memiliki prestasi merekrut masyarakat masuk menjadi anggota baru atau contoh lainnya. Penilaiannya dapat dilakukan pada periode tertentu, misalnya satu Tahun Buku.
Kemudian penghargaan yang diberikan dapat berupa uang tunai, merchandise atau benefit lainnya seperti diskon angsuran atau voucher tabungan.
Yang paling penting adalah pemberian penghargaannya dilakukan di depan forum anggota seperti misalnya saat RAT, sehingga anggota lain juga mengetahui penghargaan tersebut dan dapat menjadi kebanggaan tersendiri bagi anggota penerima penghargaan.