Lihat ke Halaman Asli

Pical Gadi

TERVERIFIKASI

Karyawan Swasta

Ini Credit Union Peraih ACCESS Branding Pertama di Indonesia

Diperbarui: 27 Oktober 2017   16:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Penerimaan Plakat ACCESS Branding di Colombo, Srilanka. Gambar dari facebook RD Fredy Rante Taruk

Penghargaan ACCESS Branding mungkin kurang familiar di telinga kita. Tapi tidak demikian di kalangan Koperasi Kredit atau Credit Union (CU) yang bernaung di bawah Inkopdit (Induk Koperasi Kredit) Indonesia. ACCESS Branding adalah tools atau alat perencanaan strategis dan sekaligus penilaian standar tata kelola dan kualitas pelayanan sebuah Credit Union Primer. ACCESS sendiri adalah singkatan dari A-1 Competitive Choices for Excellence in Service and Soundness. Jadi secara sederhana, ACCESS Branding adalah sertifikasi terhadap sebuah Credit Union. Sejak tahun 2005 sertifikasi Access Branding telah disosialisasikan oleh ACCU (Asian Confederation of Credit Union) baik kepada CU/Koperasi Kredit Primer maupun kepada gerakan puskopdit/Koperasi Kredit Sekunder.

Selaras dengan penilaian kinerja Balanced Scorecard, ACCESS Brandingmengukur empat perspektif pelayanan dan kesehatan CU, yaitu: Perspektif Keuangan, Perspektif Anggota, Perspektif Bisnis Internal dan  Perspektif Pembelajaran & Pertumbuhan. Keempat perspektif tersebut terurai ke dalam 86 indikator penilaian.

Adapun gambaran keempat perspektif tersebut sebagai berikut:

Perspektif Keuangan. Pada perspektif ini, Credit Union dinilai berdasarkan indikator-indikator keuangan untuk memastikan perlindungan, keamanan dan kesinambungan Credit Union tersebut. Kita mengenal indikator keuangan tersebut sebagai indikator PEARLS yang merupakan singkatan dari Protection (Perlindungan), Effective Financial Structure (Struktur Keuangan Efektif), Asset Quality (Kualitas Aset), Rates of Return and Cost (Tingkat Pendapatan & Biaya), Liquidity (Likuditas) dan Sign of Growth (Tanda Pertumbuhan).

Perspektif Anggota. Perspektif ini untuk menilai kualitas produk dan pelayanan serta kepuasan anggota menggunakan produk dan pelayanan tersebut. Aspek-aspek penilaian cukup bervariasi mulai dari rentangan produk, strategi pemasaran, partisipasi anggota sampai sarana dan prasarana dalam Credit Union.

Perpektif Bisnis Internal. Pada perspektif ini, Credit Union dinilai berdasarkan kemampuannya menempatkan diri di tengah segmen pasar dan efisensi operasional dalam organisasi. Aspek-aspek yang dinilai mulai dari kebijakan dan SOP, komunikasi internal sampai relasi dengan lembaga mitra, pemerintah dan federasi Credit Union.

Perspektif Pertumbuhan dan Pembelajaran. Perspektif ini untuk menilai kompetensi dan kepuasan manajemen serta pengetahuan dan kepemimpinan Pengurus-Pengawas dalam Credit Union. Aspek-aspek yang dinilai mulai dari kemampuan Pengurus-Pengawas menempatkan dirinya sebagai Pusat Pengambilan Keputusan Utama dan fungsi-fungsi lainnya, jenjang karir manajemen sampai program-program pengembangan SDM yang dimiliki Credit Union tersebut.

Jadi, ACCESS Branding bukan sekedar penilaian yang menitikberatkan pada sarana prasarana, kelengkapan administrasi, pertumbuhan aset dan aspek kasat mata lainnya. ACCESS Branding merupakan penilaian yang holistik sampai kepada kinerja Credit Union sebagai sebuah gerakan dan kepemimpinan orang-orang yang terlibat dalam gerakan tersebut.

Melihat cakupan penilaian yang begitu komprehensif, memang tidak mudah bagi sebuah Credit Union untuk mendapatkan penghargaan ACCESS Branding. Tetapi tidak mudah bukan berarti tidak mungkin. Setelah bertahun-tahun Credit Union di Indonesia "puasa sertifikasi", sebuah Credit Union akhirnya berhasil meraih penghargaan tersebut. CU tersebut adalah Credit Union Sauan Sibarrung (CUSS) yang berlokasi di Tana Toraja, Sulawesi Selatan.

Verifikasi dan audit dari ACCU dilakukan pada bulan Mei tahun ini oleh Elenita V. San Roque, CEO ACCU dan Ranjith Hettiarachchi, Chief Technical Ofcer ACCU, setelah sebelumnya telah dilakukan sejumlah assesment oleh Inkopdit. Hasil dari verifikasi dan audit ini, CU Sauan Sibarrung dinyatakan memenuhi standar akreditasi ACCESS Branding dengan kategori Bronze.

Suasana saat audit dari ACCU. Gambar dari www.cusauansibarrung.org


Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline