Lihat ke Halaman Asli

Pical Gadi

TERVERIFIKASI

Karyawan Swasta

Honda Vario 150 eSP, Juaranya Skuter Matic

Diperbarui: 5 Mei 2016   00:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi gambar dari: welovehonda.com

Honda adalah salah satu vendor otomotif yang tidak pernah berhenti melakukan inovasi untuk menciptakan kesempurnaan berkendara bagi customer-nya. Salah satu inovasi terlihat pada produk skuter maticyang kini banyak diminati. Sejak kemunculan Honda Vario pada tahun 2006 lalu, pemuktahiran serta inovasi terus dilakukan sehingga lahirlah beberapa varian Honda Vario yang selalu meramaikan pasar otomotif di tanah air.

Tahun lalu, Honda melalui PT. Astra Honda Motor kembali merilis produk Vario generasi ke-empat dengan teknologi eSP yang disebut-sebut sebagai teknologi paling anyar untuk produk skuter matic. Hadirlah Honda Vario 150 eSP di tengah-tengah masyarakat. Produk yang diberi taglineride the perfection ini memang memiliki teknologi dan fitur yang sangat mumpuni untuk menjadikannya skuter matic juara pada kelasnya.

Mari kita simak satu per satu keunggulannya.

Teknologi

Teknologi eSP (Enhanced Smart Power) memang dikembangkan untuk menghadirkan sepeda motor dengan konsep high performance namun ekonomis serta ramah lingkungan.  Keunggulan-keunggulan teknologi eSP ini dapat dirasakan dari sebuah Honda Vario 150 eSP.

Tenaga Honda Vario 150 eSP datang dari dapur pacu mesin berkapasitas 150 cc 4 langkah SOHC dengan pendinginan cair. Dengan rasio kompresi 10,6:1, mesin mampu mensuplai tenaga yang cukup besar untuk kendaraan sekelas skuter matic. Pada pengukuran performa, tenaga maksimal yang dihasilkan mencapai 9,3 kW (12,46 HP) pada putaran mesin 8.500 RPM.

Jadi dengan berat kosong hanya 109 Kg, Honda Vario 150 eSP memiliki PWR (Power to Weight Ratio) sebesar 0,114 HP/Kg. Bandingkan dengan skuter matic keluaran Honda lainnya seperti varian Beat atau Scoopy yang memiliki PWR pada kisaran 0,090-0,092 HP/Kg saja.

Gebrakan dapur pacu yang garang sangat mempengaruhi akselerasi kendaraan ini. Honda Vario 150 eSP membutuhkan waktu hanya 11,59 detik pada jarak 0-200 meter dengan kecepatan maksimal 102 Km/jam.

Untuk menunjang performa dapur pacu, teknologi eSP juga digunakan pada beberapa komponen  mesin lainnya sehingga proses pembakaran berlangsung lebih cepat, proses pengapian lebih baik dan penyebaran bahan bakar juga lebih merata. Silinder mesin telah menggunakan teknologi Spinny Sleeve, yaitu tekstur dinding silinder dibuat menyerupai kulit jeruk, untuk mengurangi distorsi atau kerugian akibat gesekan.

Dengan dapur pacu yang high performance tersebut, anda tidak perlu khawatir dengan konsumsi bahan bakar dan emisi yang dihasilkan. Honda telah menyematkan teknologi injeksi PGM-FI (Programmed-Fuel injection) sehingga sistem pembakaran secara otomatis menghitung kebutuhan suplai oksigen dan bahan bakar sesuai dengan kebutuhan mesin.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline