Lihat ke Halaman Asli

Phyol Conary

Mahasiswa kelas 12

Potensi, Tantangan dan Hambatan dalam Mengembangkan Bisnis Pompa Air di Era Digital

Diperbarui: 30 Maret 2024   13:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Pompa air merupakan mesin yang digunakan sebagai perantara untuk memindahkan air dari satu tempat ke tempat lainnya. Pompa air berkerja dengan mengkonversikan energi mekanik menjadi energi kinetik. Pada umumnya pompa air digerakan oleh mesin, motor atau sejenisnya. Pompa air memiliki berbagai jenis, bentuk hingga kekuatan yang berbeda - beda. Banyak faktor yang menyebabkan adanya banyak varian pompa air, seperti jumlah cairan, jarak pengangkutan, dan tekanan listrik yang diperlukan.

Bisnis pompa air sendiri merukapan bisnis yang kurang populer bagi banyak orang dikarenakan pompa air sendiri merupakan barang yang dipakai untuk jangka waktu yang lama. Satu rumah hanya membutuhkan satu atau dua pompa air, dan sekali dipakai pompa air bisa digunakan bertahun - tahun. Jadi, banyak orang berfikir bahwa akan susah untuk mengembangkan bisnis pompa air, karena pompa air bukanlah barang yang umum dibeli.

Padahal, bisnis pompa air memiliki potensi yang cukup bagus di era digital ini. Semenjak pandemi COVID - 19 yang membuat semua orang harus mengisolasi diri dirumah membuat kita harus melakukan segala aktivitas kerja, pendidikan hingga berbelanja secara online. Hal ini tentu membuat para pedagangan termasuk pebisnis pompa air bisa memanfaatkan media sosial dan E- Commerce sebagai media promosi dan juga transaksi jual beli. Bahkan setelah pandemi membaikpun E - Commerce masih sangat banyak digunakan dan malah semakin banyak yang berbelanja online dikarenakan lebih mudah untuk mencari kebutuhan di online daripada harus pergi mencari toko - toko hanya  untuk mencari satu barang.

Walaupun sempat menurun di tahun 2020, namun setelah pandemi membaik Indonesia memiliki presentase pembangunan yang tinggi dan naik lebih dari 50% dibandingkan dengan tahun - tahun sebelumnya, baik di pembangunan pabrik ataupun pembangunan sektor perumahan. Hal ini berarti bahwa pompa air akan sangat banyak dicari oleh banyak konsumen, dan ini merupakan kesempatan yang bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan bisnis pompa.

Faktor lain yang menjadikan potensi perkembangan bisnis pompa air cukup baik adalah karena saingan yang dimiliki dalam menjalankan bisnis ini tidak sebanyak bisnis sektor lain yang sangat banyak seperti bisnis fashion, F&B, dan lainnya. Walaupun tentunya pebisnis pompa sudah lebih banyak diminati daripada 5 - 10 tahun yang lalu, tetapi tidak dapat dipungkiri bahwa jika jumlah pebisnis pompa dibandingkan dengan banyaknya pebisnis pada sektor lain pastinya pebisnis pompa air memiliki jumlah jauh dibawahnya. Hal ini membuat satu pebisnis pompa bisa menguasai penjualan pada satu kawasan kecil seperti perumahan, desa atau kawasan kecil sekitarnya.

Namun, walau memiliki sejumlah potensi dan kelebihan yang menarik serta terlihat menjanjikan tetap saja ada banyak tantangan dan hambatan dalam mengembangkan bisnis pompa di era digital ini. Banyak faktor yang menyebabkan banyaknya tantangan dan hambatan dalam mengembangkan bisnis pompa salah satunya yaitu biaya. Biaya dan modal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis dalam bidang pompa air tentunya tidak sedikit, harga modal untuk 1 unit pompa air saja berkisar pada 500 - 1 juta rupiah. Sedangkan pompa air memiliki banyak variasi dengan kegunaan dan fungsi yang berbeda - beda, bahkan ada yang berkisar di atas 2 juta rupiah. Belum dengan biaya sewa tempat yang tentunya tidak murah karena ukuran pompa sendiri relatif besar, maka tempat yang diperlukan juga harus cukup luas untuk menampung stok barang.

Banyak faktor lainnya seperti saingan pebisnis yang relatif sedikit. Saingan yang sedikit pada bidang bisnis ibarat pedang bermata dua. Walau saingan yang sedikit pada bidang bisnis merupakan suatu keuntungan bagi pebisnis yang masih merintis tetapi saingan yang sedikit bisa menjadi salah satu tantangan dan hambatan yang besar dalam mengembangkan bisnis mereka, salah satunya pada bisnis pompa air. Hal ini bisa terjadi karena saingan pebisnis pompa air yang relatif sedikit, maka saingan yang ada pastinya saingan yang besar dan sudah lama berkecimpung pada dunia bisnis pompa ini. Faktor itulah yang menjadikan perintis bisnis pompa air susah untuk mengembangkan bisnisnya sekalipun di era digital ini, karena pebisnis pompa yang sudah alam memiliki relasi yang besar dan kuat kepada dealer - dealer dan konsumen mereka. Jadi susah bagi perintis atau pebisnis kecil untuk mengalahkan bahkan menyeimbangkan mereka yang sudah lama berkecimpung di bisnis ini. Secara pebisnis lama memiliki penjualan yang lebih bagus, serta bisa memberikan harga dan potongan yang bagus dan jauh lebih murah dibandingkan perintis.

Kesimpulannya, mengembangkan bisnis pompa air merupakan hal yang dapat secara mudah dilakukan di era digital ini. Namun, bagaimana cara mereka dapat terus bertahan dan mengalahkan saingan yang ada, terutama bagi perintis yang baru memulai bisnisnya. Bagaimana cara agar mereka dapat selalu terus maju dan inovatif dalam mengembangkan bisnis yang sudah mereka rintis susah payah. Jika memiliki strategi berbisnis yang matang serta kunci - kunci penting lainnya seperti modal, usaha, mental yang matang, maka mengembangkan bisnis pompa air adalah suatu yang akan dapat mereka raih.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline