Lihat ke Halaman Asli

Phobea Azzariya Onasis

Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Content Creator vs Jurnalis: Saingan atau Mitra dalam Pemberitaan?

Diperbarui: 13 Oktober 2023   15:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber : campuspedia

Saat ini keberadaan content creator memang sedang marak diperbincangkan apalagi kita semua tahu bahwa sosial media semakin berkembang. Para content creator ini bekerja di industri kreatif yang akan menyuguhkan berbagai konten mengenai gaya hidup, kecantikan, humor, wisata, dan masih banyak lagi ide-ide menarik lainnya.

Sekilas bila kita perhatikan, mungkin bekerja sebagai content creator terlihat menyenangkan karena tidak terdapat peraturan khusus yang mengikat harus memberikan informasi apa kepada khalayak, bekerja sesuai dengan minat dan hobi yang memberikan keuntungan, bisa bekerja dimana saja serta kapan saja, dan mendatangkan kepopularitasan tersendiri, namun siapa sangka bahwa ternyata content creator mulai merambah ke dunia jurnalistik dalam memberikan informasi kepada khalayak.

Sebelum membahas lebih jauh, mari kita simak dahulu bagaimana content creator bekerja sehingga hal ini bisa masuk pula ke dunia jurnalis. Saat ini semakin banyak pertanyaan muncul dimana letak perbedaan antara content creator dan jurnalis?

Pada dasarnya, profesi sebagai seorang jurnalis dan content creator ini sama-sama membuat konten. Namun, jurnalis bekerja dibawah naungan sebuah industri media serta terikat dengan kode etik jurnalistik dan content creator biasanya bekerja untuk sebuah manajemen yang dikelola oleh seorang manajer yang direkrut atas keinginan sendiri.

Sumber : bbc

Secara hukum, apabila terdapat masalah dalam pekerjaannya maka content creator dapat menggunakan UU Hukum Pidana atau UU ITE. Seorang jurnalis dalam membuat berita dan memberikan informasi kepada audiens yang mencakup hampir seluruh kalangan dan segala usia wajib menjaga keakuratan, keseimbangan, dan verifikasi yang sesuai dengan kode etik jurnalistik yang menjadi pedoman dalam bekerja. Berbeda dengan content cretor yang mengunggah sebuah konten untuk menghibur bahkan saat ini mulai mengedukasi hanya bagi target audiens tertentu.

Seorang content creator harus memiliki kreativitas yang tinggi agar bisa menarik perhatian khalayak dan tentu saja kecepatan agar ide yang dimiliki tidak didahulu pesaing lainnya. Ketika ingin menjadi seorang content creator maka diperlukan ketekunan dan keahlian tertentu dalam memilih jenis materi dan media sosial yang akan digunakan.

Hal ini tentu saja menjadi perbedaan dengan seorang jurnalis yang bekerja dengan memperhatikan kecepatan serta keakuratan berita, dalam hal menulis dan mempublikasikan sebuah informasi, seorang jurnalis perlu melewati beberapa jenjang terlebih dahulu dan proses ini bisa saja didahului oleh content creator yang lebih cepat dalam menyebarkan informasi.

Sejak pandemi yang melanda Indonesia, banyak anak muda memilih pekerjaan sebagai seorang content creator karena dinilai lebih menjanjikan dan dapat bekerja dari mana saja serta menghasilkan pundi-pundi rupiah lebih banyak. Kegiatan yang dilakukan kebanyakan secara online pun menjadi faktor utama content creator di Indonesia semakin berkembang dan menjadi pekerjaan paling diminti anak muda saat ini.

Sumber : gramedia

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline