Lihat ke Halaman Asli

Philip Manurung

TERVERIFIKASI

Pengajar

Mari Jo Torang Bacoblos (1) | Persiapan

Diperbarui: 17 April 2019   19:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

TPS anonim di belakang rumah. Sumber: dokumentasi pribadi

Di dalam negeri, Pemilu tinggal menghitung jam. Semua Tempat Pemungutan Suara (TPS) di tiga zona waktu sedang memaksimalkan persiapan sesuai panduan prosedur baku. Sementara itu, setiap Kompasianer telah siap dengan tablet atau jurnalnya, mencoba merekam momen bersejarah lima tahunan ini. Tidak ketinggalan dari kota Manado.

Ini adalah kali pertama saya akan mengikuti Pilpres di Sulawesi. Lima tahun lalu saya menggunakan hak pilih di Cempaka Putih, sesuai domisili yang tertera di KTP. Waktu itu saya mencoblos di atas jam 12 siang karena nama saya tidak terdaftar dalam DPT. Belum tahu bagaimana nanti di sini.

Sebelumnya saya telah melaporkan bagaimana sterilisasi APK menyambut masa tenang telah berjalan baik di kota ini. Selanjutnya, saya berencana melaporkan penyelenggaraan Pemilu secara kronologis. Dalam dua hari ini saya akan menerbitkan artikel berjudul "Mari To Torang Bacoblos (Mari Kita Mencoblos)" yang terdiri dari tiga bagian: Persiapan, Pelaksanaan, dan Hasil Perhitungan.

Pagi ini saya telah menunaikan niat saya mengunjungi TPS dimana keluarga kami terdaftar. Lokasinya di kelurahan Sea-Tumpengan, kecamatan Pineleng, kabupaten Minahasa. Saya tidak tahu nomornya, tetapi jaraknya hanya sepelemparan batu di belakang rumah.

Tampak kursi dan meja telah disusun dengan rapi, meski minim dekorasi. Kesan pertama yang tertangkap adalah bahwa TPS ini kecil. Hanya dua bilik pencoblosan tersedia. Dibandingkan dengan TPS dimana saya mencoblos lima tahun yang lalu, luas tempat ini hanya sepertiganya. Padahal, jumlah pemilih terdaftar sebanyak 233 orang. Darimana saya tahu?

Tiap kelompok rumah tangga dalam gereja (kolom) diperlengkapi dengan satu unit pelantang TOA untuk menyampaikan pengumuman. Biasanya pelantang itu dipasang tinggi-tinggi di atas rumah penatua.

Minggu malam kemarin (14/04), pelantang TOA dihidupkan. Good timing, sebab pada jam itu semua orang sedang berada di rumah menikmati malam syahdu. Namun, kali ini yang disampaikan bukan pengumuman terkait ibadah. Seorang perempuan membacakan nama-nama yang termasuk dalam DPT, yang berakhir pada nomor 233.

Begitulah kami mengetahui bahwa seorang kakak ipar saya tidak terdaftar dalam DPT. Karena itu, kami berdua baru akan mencoblos di atas jam 12.

Senin malam kemarin (15/04) rumah kami kedatangan tamu. Seorang anggota kolom tetangga datang membawa sekantong beras. Dialah salah satu yang fotonya dulu terpajang di simpang tiga jalan menuju rumah kami. Ibu mertua saya sudah tahu maksudnya; orang itu pun tidak menyembunyikan maksudnya. Tahu sama tahu.

Transaksi berlangsung, tetapi tanpa jaminan. Malam itu pula, ibu saya mendonasikan beras yang didapat kepada seorang tetangga kami.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline