Lihat ke Halaman Asli

Membiasakan Merawat Gigi

Diperbarui: 23 Juni 2015   22:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Beauty. Sumber ilustrasi: Unsplash

perkembangan anak usia dini diantaranya adalah membiasakan anak merawat giginya. Jika tidak dilakukan sejak dini maka semuanya akan terlambat, dan anak kita akan mendapati giginya telah keropos ketika menginjak sekolah dasar. Meski gigi akan tumbuh lagi, akan tetapi foto masa kecilnya akan dipenuhi oleh foto-foto dengan gigi yang kurang sempurna. Oleh karena itu, selagi mereka masih kecil dan masih mudah untuk mengatur kebiasaan, hal ini menjadi penting.


Tips pertama adalah dengan menggunakan dua sikat gigi. Sikat gigi dipegang si anak sehingga tahu cara menggosoknya dengan benar, sedangkan sikat gigi kedua dipegang oleh kita dan menggosokkannya pada gigi anak kita sehingga giginya menjadi lebih bersih. Hal ini karena anak-anak biasanya belum bisa melakukan pekerjaan dengan sempurna. Lakukan hal ini hingga anak berusia 6 sampai 8 tahun, dimana pada usia itu dia sudah dapat menggosok gigi dengan benar.


Tips kedua adalah dengan menggunakan variasi pasta gigi berbagai warna dan rasa yang tentu aman bagi anak-anak. Hal ini menjadi pemicu mereka untuk tidak malas menggosok gigi. Biasanya mereka akan sangat menyukai kegiatan ini begitu mereka mendapatkan hal yang baru termasuk pasta gigi warna dan rasa baru.


Dengan memperhatikan Perkembangan anak usia dini seperti giginya maka kita mempersiapkan anak kita untuk dewasa dan untuk masa depannya. Kepedulian orang tua, seperti kasih sayang juga perlu diperhatikan agar anak tumbuh menjadi insan yang sehat dan cerdas.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline