Lihat ke Halaman Asli

Alex Palit

Jurnalis

Tanda-tanda Zaman

Diperbarui: 17 Juni 2015   17:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

14161320171790021474

[caption id="attachment_354575" align="aligncenter" width="300" caption="Foto: Ist."][/caption]

Believe or not...!!! Benarkah saat ini kita sedang memasuki zaman yang menurut ramalan Prabu Jayabaya sebagai Zaman Edan, jaman goro-goro – wolak-walike jaman...??? Yang mana pada zaman ini akan ditandai dengan akeh janji ora ditetepi, akeh wong wani nglanggar sumpahe dhewe – banyak janji yang tidak ditepati, bahkan berani melanggar sumpahnya sendiri.

Pada zaman ini ada disebutkan dengan sing becik ketitik sing ala ketara,orang baik akan tampak, orang jahat akan terungkap segala kejahatannya sebagai karma atas perbuatannya. Memasuki zaman edan ini segala kebaikan dan kebenaran akan dinyatakan, sedang segala bentuk kebusukan dan kemunafikan akan terungkap, terbongkar dan ditelanjangi. Zaman ini yang oleh Ranggawarsita disebut sebagai Zaman Kalabendu.

Saya bukan seorang peramal, saya hanya ingin menguji kebenaran sebuah ramalan yang juga banyak diperbincangkan para pelaku spritual maupun masyarakat awam terkait ramalan Prabu Jayabaya dan Ranggawarita mengenai tanda-tanda zaman antara Zaman Kalabendu dan Kalasuba yang terhubung dengan dinamika perkembangan realita politik yang terjadi dan kita saksikan di hari ini.

Di mana disebutkan bahwa pada Zaman Edan dan Kalabendu ini diantaranya juga akan ditandai dengan terjadi gonjang-ganjing politik dan terjadinya gejolak sosial di sana-sini.

Disebutkan pula, pas bersamaan masa berakhirnya puncak gonjang-janjing zaman Kalabendu ini akan disongsong dengan datangnya Zaman Kalasuba yang salah satunya akan akan ditandai munculnya sosok pemimpin pembebas dan penyelamat negeri yaitu yang sering disebutkan sebagai Satrio Piningit atau Ratu Adil.

Soal kebenarannya, sekali lagi, namanya juga ramalan, boleh percaya atau tidak, bisa iya bisa tidak... Terserah, boleh pula bersikap masa bodoh dengan ramalan, emang gue fikirin... Atau malah kita mempercayainya...!!!

Tapi setidaknya dari tanda-tanda ramalan Prabu Jayabaya dan Ranggawarsita yang terhubung dengan dinamika perkembangan realita politik yang kita saksikan yang terjadi di hari ini akan tersambung apakah kita sekarang sedang berada di tanda-tanda zaman Kalabendu atau Kalasuba...???

Entah apakah itu hari ini atau hari esok, pastinya kita semua berharap dan mendambakan datangnya Zaman Kalasuba!




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline