Lihat ke Halaman Asli

Perbandingan MSDM Model 5P, Harvard, Michigan, dan Ulrich

Diperbarui: 4 Juni 2024   02:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Modul Kuliah Kwh 10 UMB_Prof  Dr Apollo, 2024

Pengertian HRM Model

Menurut Armstrong dan Baron (2002) HRM adalah suatu pendekatan yang strategis dan terkoordinasi dalam mengelola individu dan kelompok yang bekerja dalam suatu perusahaan atau organisasi, yang berperan dalam mencapai sasaran perusahaan secara individu maupun bersama-sama.

Berikut ini perbandingan model-model dalam HRM untuk penentuan kualitas perusahaan maupun karyawan

MSDM Model 5P

Pengertian Model 5P

Model 5P  adalah pendekatan holistik untuk manajemen sumber daya manusia yang mencakup lima elemen kunci yang semuanya berkontribusi pada efektivitas MSDM dalam organisasi, gambar Model 5P biasanya terdiri dari diagram lingkaran atau diagram Venn yang menunjukkan lima faktor kunci: People, Purpose, Processes, Principles, dan Performance. ( Greenberg, 2021) 

Model HRM 5P adalah bentuk HRM strategis yang dikembangkan pada tahun 1992 oleh Randall S. Schuler, seorang sarjana terpuji yang didedikasikan untuk masalah-masalah HRM global, SDM strategis, fungsi SDM dalam organisasi dan antarmuka strategi bisnis dan manajemen sumber daya manusia.

Seperti namanya, Model 5P didasarkan pada lima aspek konstitusional: purpose, principles, processes, people, and performance. Menurut kerangka kerja ini, menyelaraskan dan menyeimbangkan lima prinsip ini mengarah pada pencapaian kesuksesan perusahaan.

Setiap faktor ini mungkin direpresentasikan sebagai lingkaran yang tumpang tindih, menunjukkan bahwa mereka saling terkait dan saling memengaruhi. Model ini mengidentifikasi lima faktor kunci yang mempengaruhi perilaku karyawan di tempat kerja. Berikut adalah penjelasan singkat tentang masing-masing faktor:

  • People: 

Ini mengacu pada karyawan individu di dalam organisasi. Setiap orang memiliki kebutuhan, keinginan, dan keunikan mereka sendiri, yang memengaruhi bagaimana mereka berinteraksi dengan pekerjaan dan lingkungan kerja mereka. Contoh dalam tim marketing 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline