Lihat ke Halaman Asli

Bagaimana Pengembangan Produk Bekerja?

Diperbarui: 29 April 2024   23:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber : freepik.com 

Apa Itu Pengembangan Produk?

Produk meruapakan suatu istilah dalam mengenali barang yang terlihat disektor swasta, seperti sabun, ban mobil, radio, televise, serta jasa yang tidak terlihat seperti salon, tempat cuci mobil, perbankan dsb. 

Di dalam teori pemasaran, istilah produk ini secara luas diinterpretasikan dan menunjuk ke sesuatu yang bisa ditawarkan ke pasar oleh suatu organisasi atau perorangan untuk memuaskan kebutuhan atau keinginan. Pengertian produk meliputi barang dan jasa “event”, “people”. “places”, organisasi, informasi dan ide.

Sebelum kita masuk pada pembahasan lebih dalam, kita perlu tau mengenai apa itu pengembangan produk, mengapa harus menggunakan Product Development, dan bagaimana cara bekerja Product Development itu sendiri. 

Apa itu Product Development? Product Development adalah sebuah proses pengembangan secara keseluruhan dengan tujuan menghasilkan produk baru atau meningkatkan kualitas produk yang sudah ada dan mengembangkannya untuk lebih baik lagi kedepannya. 

Product development merupakan aspek yang sama pentingnya dengan pemasaran dan layanan pelanggan. Kenapa? Karena ketika sebuah perusahaan membuat produk baru atau memperbarui dan mengembangkan produk yang sudah ada, kita harus memperhatikan kebutuhan pelanggan dan interest konsumen terhadap produk kita, tren pasar, serta persaingan industri.

Melalui product development, kita akan membuat dan menciptakan produk-produk yang baru, sehingga peluang mendapatkan pelanggan dengan jumlah yang lebih banyak semakin terbuka dan semakin besar cakupannya. Meskipun demikian, agar produk tersebut sesuai dengan harapan yang diinginkan target konsumen, terdapat beberapa tahapan yang perlu kita lakukan dalam proses product development ini. 


1. Design Thinking

Design Thinking merupakan sebuah metode yang digunakan untuk pengembangan produk baru yang digunakan untuk mendata dan menganalisa kebutuhan atau masalah dari sudut pandang konsumen atau user. Setelah itu dianalisa kita bisa menentukan desain produk yang baru atau produk yang ingin kita kembangkan sebelumnya dari produk yang sudah ada.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline