User Generated Content atau Konten Buatan Pengguna sesuai dengan namanya merupakan konten media yang mulai dari pra produksi, produksi, hingga proses publikasinya dilakukan oleh masyarakat biasa atau bukan jurnalis profesional.
Pernahkah kalian mendengar istilah User Generated Content? kalau belum pernah, posisikan diri kalian senyaman mungkin dan simak penjelasan di bawah ya!
Pada era media baru, konten media sudah sangat bervariasi dan terkonvergensi. Mulai dari surat kabar, siaran televisi, hingga radio semuanya sudah terhubung dengan jaringan internet.
Dengan begini semua orang dapat mengakses berbagai konten yang mereka inginkan dengan lebih mudah, yaitu kapan saja dan di mana saja. Konten media yang dihasilkan sekarang juga tidak hanya berbentuk teks atau audio saja, namun menggabungkan beberapa elemen lainnya sebagai penambah informasi.
Mari mengambil contoh dalam dunia jurnalisme. Ketika kita melihat berita online, berita yang disuguhkan tentu tidak hanya berbentuk tulisan saja, ada juga gambar, video, foto, ilustrasi sebagai pelengkap informasi tertulis. Gabungan dari beberapa media inilah yang dinamakan dengan multimedia.
Untuk tahu lebih lanjut tentang perbedaan jurnalisme online dan jurnalisme multimedia, kalian bisa klik di sini ya :D
Bersamaan dengan konten media yang semakin berkembang, begitu juga dengan audiens. Perkembangan tersebut membuka kesempatan bagi para audiens untuk terlibat secara aktif dalam pembuatan konten.
Audiens tidak lagi bersifat pasif yang hanya menerima informasi yang diberikan ke mereka, namun juga memberikan umpan balik terhadap informasi tersebut. Bahkan audiens sekarang bisa menjadi pemberi informasi.