Lihat ke Halaman Asli

Etika Berbisnis

Diperbarui: 24 Juni 2015   03:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Karier. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Liburan awal tahun 2014, menghantar kami sekeluarga jalan-jalan ke Mall Of Indonesia (MOI) Jakarta. Hanya sekedar cuci mata dan menyenangkan si kecil dengan wahana MOIland nya.

Sembari putar-putar, mata saya tertuju pada banner di gerai Mobile Power dengan huruf mencolok tertulis (saya gak sempat memfoto karena di larang oleh keluarga) "ALL ITEMS RP 99.000,-  * minimum pembelian 2 pcs". Kebetulan anak-anak sedang mengantri beli minuman di salah satu gerai dekat JCO, saya mengajak salah seorang anak saya untuk melihat-lihat di gerai MP tersebut.

banyak orang yang sedang berburu barang sale di gerai tsb, setelah lama (sekitar 45 menit) mencari celana panjang jeans dan kebetulan ada yang menarik. Saya mengambil 2 potong celana jeans tsb. Tak lama kemudian saya ikut mengantri di depan kasir, ada 2 orang di depan saya dan pas giliran saya bayar si kasir mengatakan, "Maaf pak untuk celana jeans harganya bukan Rp 99.000,- melainkan Rp 149.000,-". Saya katakan lalu banner segede gaban itu untuk apa? untuk menipu?. Karyawan lain meimpali"Iya pak kan kecuali celana jeans". Saya tetap membayar barang tersebut walaupun sambil menggerutu tidak puas.

Bukan masalah harga Rp 149.000,- itu namun lihat lah etika berbisnis di sebuah mall yang elite, masih saja ada gerai yang bermain etika bisnis yang kotor. memang betul bisa saja saya membatalkan transaksi tersebut kalau saya tidak suka. Namun sengaja saya beli barang tersesbut dan menulis hal ini di kompasiana, sebagai pembelajaran bagi siapa saja yang berbisnis (apalagi sekelas perusahaan Mobile Power) untuk beretika dalam bisnis yang wajar. Saya sempat katakan kepada pelayannya"Mas kalau saya laporkan ke YLKI, kalian akan kena tegur YLKI"

Demikian sedikit pengalaman saya di awal tahun 2014.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline