Lihat ke Halaman Asli

Creative Movement: Kartini Sobat Bumi

Diperbarui: 25 Juni 2015   06:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

1334990317994243531

Saya yakin semua pasti sudah pada tahu bahwa di Bulan April ini kita ngerayain Hari Kartini (21 April) dan Hari Bumi (22 April).Beberapa hari ini timeline twitter dan Facebook saya dipenuhi status yang membahas tentang Kartini dan Bumi kita. Salah satu yang paling banyak saya baca adalah gerakan Kartini Sobat Bumi. Lama-lama penasaran juga apa yang bisa dilakukan para Kartini Indonesia untuk bumi melalui gerakan ini? Lalu saya searching-searching dan ketemu alamat websitenya : www.kartinisobatbumi.com

Pertama lihat web-nya kaget juga karena tampilannya sangat menarik dan interaktif. Didominasi warna hijau dengan image pepohonan yang rindang. Uniknya ada beberapa kupu-kupu beterbangan yang kalau mouse kita arahkan ke mereka maka kupu-kupu-kupu tersebut akan berpencar. Menariknya lagi kita bisa memilih avatar lucu dengan berbagai pakaian adat Indonesia.

Lalu apakah Gerakan Kartini Sobat Bumi itu?

Ternyata gerakan yang di inisiasiolehpertaminadalamrangkamerealisasikan program tanam 100 jtpohonhingga 2014 inimengajakmasyarakat indonesia utkmelakukanperubahandarisebuahlangkahkecilyaknidenganmendonasikanbibitpohonuntuksetiap 2 tweet yang dibuatdenganmenyertakanhashtag #sobatbumi. Idenyabagusjuga, dengannge-tweet kitabisaikutberkontribusiuntukperbaikanbumi. (taugitudaripadangetweetgalau mending tweet nyabuatnyumbangpohon).

Berikutiniprasyaratnyadiambildariwebnya :

1.Setiap 2 tweet (tidak termasuk re-tweet) dengan hashtag#sobatbumiakan dikonversi menjadi satu bibit pohon untuk ditanam dan dirawat oleh Pertamina di lokasi-lokasi yang sudah ditentukan.

2.Konten tweet berkaitan dengan penanaman pohon, ajakan aksi penghijauan, atau inspirasi untuk melestarikan bumi. Contoh:alam yang kita nikmati saat ini bukan milik kita tetapi titipan anak cucu kita, mari kita jaga dan lestarikan #sobatbumi

3.Setiap orang dapat memberikan tweet sebanyak-banyaknya

4.Tweet tidak boleh mengandung unsurSARA.

5.Pastikan bahwa akun twitter tidak dalam kondisi ter-protect

6.Bibit pohon yang dikonversi dari tweets akan ditanam dalam periode waktu 1 (satu) tahun.

7.Laporan penanaman bibit pohon akan disampaikan pada akhir tahun 2012 melaluiwww.kartinisobatbumi.comdanwww.pertamina.com

Dan lucunya lagi melalui website ini kita bisa memantau jumlah pohon yang kita miliki dan dimana lokasi penanamannya. Benar-benar fun & inspirative movement!

Yuk kita isi bulan ini dengan hal-hal yang bermanfaat bagi bumi kita. Salah satunya bisa lewat gerakan Kartini Sobat Bumi. Sebuah langkah kecil dengan impact yang besar.

Tanam pohon sebanyak-banyaknya untuk kita dan anak cucu kita..




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline