Lihat ke Halaman Asli

Antonius Muardi

Mahasiswa PPG Calon Guru

Koneksi Antar Materi Topik 4 Pembelajaran Berdiferensiasi

Diperbarui: 18 Desember 2024   21:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

 

Keterkaitan penyusunan RPP Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Mata kuliah lain adalah sebagai berikut:

 

RPP/Modul Ajar Pembelajaran Berdiferensiasi

Dalam menyusun RPP/Modul ajar berbasis pembelajaran berdiferensiasi hal-hal yang diperhatikan adalah sebagai berikut:

  • Kesiapan Belajar
  • Level pemahaman peserta didik terhadap suatu topik bahasaan/pembelajaran.
  • Minat Belajar
  • Ketertarikan peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.
  • Profil Belajar Peserta Didik
  • Gaya belajar peserta didik (audiovisual/visual, audiotori dan kinestetik)
  • Diferensiasi Konten, Proses, Produk dan Lingkungan Belajar

Perinsip Pengajaran dan Asesmen I dan Pemmahaman Tentang Peserta Didik dan Pembelajarannya

Filosofi Pendidikan Indonesia

Keterkaitan dengan menyusun modul ajar yang sesuai dengan pembelajaran berdiferensiasi dalam kedua mata kuliah ini adalah sebagai berikut:

  • Pendekatan TaRL
  • Pendekatan Teaching at the right level menekankan bahwa dalam kegiatan pembelajaran harus diajarkan sesuai dengan kemampuan peserta didik. hal ini sejalan dengan kesiappan belajar dalam pembelajaran berdiferensiasi, yang dimana guru harus membagi kelompok belajar peserta didik berdasrakan kemampuan mereka.
  • Pendekatan CRT
  • Pendekatan Cullturaly responsive teaching dalam pendekatan ini menekankan inklusifitas kebudayaan dari peserta didik, artinya guru harus bisa merancang materi sesuai dengan kebudayaan peserta didik. hal ini sjalan dengan minat belajar peserta didik dan diferensiasi lingkungan belajar, yang diamana ada peserta didik yang suka belajar dari pengalaman kebudayaan dan juga ada peserta didik yang suka belajar berdasarkan lingkungann tempat tinggal.kebudayaannya.

Keterkaitan dengan mata kuliah ini adalah tentang Pemikiran Ki Hajar Dewantara yang dimana KHD mengatakan bahwa dalam pendidikan hendaknya mengajarkan kepada peserta didik sesuai dengan kodrat mereka masing-masing. Hal ini sejalan dengan profil gaya belajar peserta didik, yang dimana peserta didik mempunyai gaya belajar yang berbeda-beda. Guru harus menyajikan materi kepada peserta didik sesuai dengan gaya belajar mereka.

 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline