Lihat ke Halaman Asli

Antonius Muardi

Mahasiswa PPG Calon Guru

Ruang Kolaborasi Topik 4 Pembelajaran Berdiferensiasi

Diperbarui: 18 Desember 2024   12:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

T4.3. Ruang Kolaborasi

Kegiatan: Membuat RPP/Modul Ajar Berdiferensiasi secara kelompok

Nama Anggota Kelompok:

  • Agnes Mbung
  • Antonius Muardi
  • Desyana D. Saban
  • Maria Sartika SIndang

Modul Ajar Pembelajaran Berdiferensiasi.

MODUL AJAR

  • INFORMASI UMUM
  • Identitas Modul

    • Nama Penyusun
    • : Agnes Mbung
    • Antonius Muardi
    • Desyana D. Saban
    • Maria S. Sindang

    • Instansi
    • : SDI Konggang
    • Tahun Pelajaran
    • : 2024/2025
    • Mata Pelajaran
    • : Pendidikan Pancasila
    • Fase
    • : C
    • Kelas/Semester
    • : V/1
    • Bab
    • : 1 Pancasila Dalam Kehidupanku
    • Tema
    • : B Meneladani Perilaku Pancasila
    • Alokasi Waktu
    • : 2 JP (2X 35 Menit)
    • Kompetensi Awal
    • Peserta didik mampu memahami sejarah Pancasila
    • Peserta didik mampu memahami sila-sila Pancasila
    • Peserta didik mampu mengidentifikasi simbol-simbol Pancasila
    • Profil Pelajar Pancasila
    • Beriman, bertaqwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia,
    • Gotong Royong
    • bernalar kritis
    • kreatif
    • Sarana dan Prasarana
    • Media: Teks Bacaan, Video dan PPT
    • Alat: white board, LCD proyektor, laptop guru
    • Lingkungan belajar: ruang kelas dan lingkungan tempat tinggal peserta didik.
    • Target Peserta Didik
    • Reguler 28 Orang:
    • Gaya Belajar Visual/Audiovisual 11 Orang dibagi dalam 2 kelompok belajar
    • Gaya Belajar Audiotory 9 Orang dibagi dalam 2 kelompok belajar
    • Gaya belajar kinestetik 8 orang dibagi kedalam 2 kelompok belajar
    • Jumlah Peserta Didik: 28 Peserta Didik
    • Model Pembelajaran
    • Model pembelajaran: Problem Based Learning (PBL)
    • Pendekatan: Teaching at the Right Level (TaRL), Cullturally Responsive Teaching (CRT)
    • Metode Pembelajaran: Ceramah interaktif, Tanya jawab, demontrasi, diskusi.
    • KOMPETENSI UMUM (Prinsip UbD)
    • Capaian Pembelajaran Fase c
    • Peserta didik mampu memahami dan menyajikan hubungan antarsila dalam Pancasila sebagai suatu kesatuan yang utuh. Peserta didik mampu mengidentifikasi dan menyajikan makna nilai-nilai Pancasila sebagai pandangan hidup berbangsa dan bernegara. Peserta didik mampu menerapkan nilai-nilai Pancasila di lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat.
    • Alur Tujuan Pembelajaran
    • Peserta didik mampu menyebutkan urutan sila-sila Pancasila. (C1)
    • Peserta didik mampu menjelaskan makna dari sila-sila Pancasila. (C2)
    • Peserta didik mampu menentukan simbol-simbol dalam sila-sila Pancasila. (C3)
    • Peserta didik mampu menerapkan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari baik di lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan di lingkungan masyarakat. (C3)
    • Peserta didik mampu menemukan contoh kehidupan di lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat yang berkaitan dengan penerapan dari sila-sila Pancasila (C4)
    • Peserta didik mampu menyimpulkan makna dari simbol-simbol Pancasila (C5)
    • Peserta didik mampu menampilkan contoh penerapan perilaku dari sila-sila pancasila dalam kehidupan di keluarga, kehidupan di lingkungan sekolah dan di lingkungan masyarakat. (C6).
    • Asesmen/Penilaian
    • Assessment for learning 
    • QUIZ
    • Simbol dari sila kedua dan ketiga adalah?
    • Apa makna dari lambang pohon beringin?
    • Apa makna dari kepala banteng?
    • Apa symbol dari sila kelima dalam pancasila?

    • Assessment as learning
    • Nama lengkap             :
    • Kelas/Semester           :

    • Petunjuk: Bacalah baik-baik setiap pernyataan dan berilah tanda checklist (v) pada kolom yang sesuai dengan keadaan dirimu yang sebenarnya Serahkan kembali format yang sudah kamu isi kepada bapak guru.

  • No

    Pernyataan

    Ya

    Tidak

    Selama Kegiatan Belajar Kelompok Di kelas Saya:

    1

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline