Lihat ke Halaman Asli

Aksi Nyata Topik 6 Perspektif Sosiokultural dalam Pendidikan Indonesia

Diperbarui: 3 Desember 2024   13:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Nama  : Zaenatul Firdaus 

NIM    : 240211920068

Kelas   : PGSD H/06

T6-8 Aksi Nyata

Perspektif Sosiokultural dalam Pendidikan Indonesia

1. Mulai dari Diri

Apa yang Anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran? 

= Pada bagian ini yang saya pikirkan tentang topik ini adalah isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di sekolah dalam perspektif sosial, budaya, ekonomi dan politik dan bagaimana faktor faktor ini dapat mempengaruhi pendidikan di Indonesia.

2. Eksplorasi Konsep

Apa yang anda pelajari dari konsep yang anda pelajari pada topik ini?

= Dalam topik ini saya mempelajari tentang tantangan yang ada pada penerapan scaffolding dalam ZPD. Seperti yang kita ketahui bersama di topik sebelumnya, scaffolding adalah strategi yang cukup efektif sebagai jembatan antara kemampuan aktual kognitif dan potensi kognitif siswa. Namun, para guru maupun orang tua harus memperhatikan beberapa kendala yang mungkin terjadi dalam implementasi scaffolding dalam praktik pembelajaran. Adapun tantangan dalam penerapan scaffolding ialah kurangnya interaksi sosial, keterbatasan dukungan sosial dan emosional yang ada di rumah dan di lingkungan sosial.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline