Lihat ke Halaman Asli

Aksi Nyata Topik 4 Perspektif Sosiokultural dalam Pendidikan Indonesia

Diperbarui: 27 November 2024   15:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Nama  : Zaenatul Firdaus 

NIM    : 240211920068

Kelas   : PGSD H/06

T4.8 Aksi Nyata

Perspektif Sosiokultural dalam Pendidikan Indonesia

1. Mulai dari Diri

Apa yang Anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran? 

= Pada bagian ini yang saya pikirkan tentang topik ini adalah bagaimana konsep ZPD dapat di terapkan dalam pendidikan di Indonesia. Berbagi pengalaman mengenai kerja sama yang dilakukan atau proses pembelajaran kolaboratif, peran yang dapat mempengaruhi serta pelajaran -- pelajaran yang dapat diambil dari kerjasama tim tersebut.

2. Eksplorasi Konsep

Apa yang anda pelajari dari konsep yang anda pelajari pada topik ini?

= Dalam topik ini saya mempelajari konsep konsep yang ada pada pembelajaran ZPD (Zone of Proximal Development) yang mana konsep dikenalkan oleh Vygotsky, dan memberikan gagasan mengenai jarak antara tingkat perkembangan aktual untuk memecahkan masalah secara mandiri dan tingkat perkembangan potensial ketika memecahkan masalah di bawah bimbingan orang dewasa atau dalam kolaborasi dengan teman sebaya yang lebih mampu. Selain itu saya juga mempelajari proses kolaborasi dalam ZPD, saya juga mendapatkan pemahaman mengenai seorang pendidik perlu memeriksa situasi sosial untuk pembangunan, struktur psikologis yang ada, dan struktur berikutnya yang sedang dibentuk untuk mencirikan zona objektif perkembangan proksimal. periode usia tertentu kira-kira dengan pantas.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline