Lihat ke Halaman Asli

Aksi Nyata Perspektif Sosiokultural dalam Pendidikan Indonesia

Diperbarui: 5 November 2024   19:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Nama  : Zaenatul Firdaus 

NIM    : 240211920068

Kelas   : PGSD 06

T2.8 Aksi Nyata

Perspektif Sosiokultural dalam Pendidikan Indonesia

1. Mulai dari Diri

Apa yang Anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran? 

= Pada bagian ini yang saya pikirkan tentang topik ini adalah bagaimana peran pendidikan dasar yang di mulai dari dalam lingkungan keluarga. Yang mana seperti yang kita tahu bahwa peran orang tua cukup besar dalam pendidikan setiap anak. Pentingnya pendampingan orang tua dalam proses belajar di rumah, bimbingan serta motivasi dari orang tua memiliki pengaruh yang besar dalam semangat belajar setiap anak.

2. Eksplorasi Konsep

Apa yang anda pelajari dari konsep yang anda pelajari pada topik ini?

= Dalam topik ini saya mempelajari konsep -- konsep dasar perspektif sosial, budaya, politik dan ekonomi peserta didik. Dalam konsep dasar ini hal yang melatar belakangi interaksi antar orang dewasa dan anak -- anak adalah faktor status sosio-ekonomi. Status sosio ekonomi (SSE) ini dapat membentuk perkembangan kognitif yang bersangkutan. Dalam kerangka Status Sosio-Ekonomi ini orang dewasa memiliki peran dalam interaksi sosial yaitu aturan (rules), komunitas (community), pembagian kerja (division of labor) dapat memberikan dorongan dan harapan kepada seorang anak dan dapat memberikan pengaruh motivasi, tingkah laku dan tujuan seorang anak. Dan dalam pendidikan SES ini memberikan pengaruh yang cukup besar dalam perkembangan kemampuan peserta didik.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline