T4.7 Aksi Nyata
Lembar Kerja 4.8
Mengamati Lingkungan Kaya Literasi
- Ini adalah tugas individu.
- Berdasarkan pengamatan di sekolah pilihan Anda, diskusi kelompok, dan berbagai masukan, buatlah analisis terhadap sekolah yang sebelumnya Anda amati terkait lingkungan kaya literasi.
Lakukan analisis/ evaluasi dengan pola 3-2-1:
3 hal yang sudah berjalan dengan baik:
1. Daya dukung sekolah
Daya dukung sekolah untuk melakukan upaya peningkatan literasi sudah baik. Pihak sekolah telah memfasilitasi segala kebutuhan peserta didik untuk meningkatkan literasi. Hal ini dapat terlihat dengan adanya pojok baca di kelas yang bertujuan memberikan kesempatan kepada peserta didik agar dapat melakukan kegiatan membaca di kelas dengan banyak pilihan buku. Selain itu, para guru sangat mendukung seluruh kegiatan sekolah dalam upaya meningkatkan literasi seperti saat jam istirahat selalu mendampingi peserta didik untuk membaca di perpustakaan, aktif bertanya tentang buku apa saja yang pernah dibaca dan bagaimana ceritanya, mendampingi peserta didik dalam menghasilkan karya yang dilakukan dengan mendorong pelaksanaan kegiatan mengisi mading sekolah, lomba menulis, dan lomba mendongeng.
2. Terdapat buku-buku yang bervariasi
Tidak sulit untuk menemukan buku di SDN Kalisari 1. Peserta didik dapat menjumpai buku di pojok baca kelas dan perpustakaan. Buku-buku yang tersedia dalam pojok baca dan perpustakaan sangat bervariasi mulai dari fiksi maupun non fiksi. Tidak hanya mengoleksi buku paket, pojok baca dan perpustakaan juga mengoleksi buku dongeng, komik, cerita pendek, kisah hewan, dan masih banyak lagi. Ketersediaan buku yang bervariasi akan membuat peserta didik memiliki banyak pilihan dalam memilih buku yang disukai untuk dibaca. Koleksi buku-buku perpustakaan tidak hanya mengandalkan buku dari pemerintah tetapi pihak sekolah juga mandiri buku secara mandiri. Sedangkan ketersediaan buku-buku di pojok baca berasal dari pihak sekolah dan orang tua peserta didik yang sukarela membawakan anaknya buku untuk diletakkan di pojok baca dan akan dibaca bersama atau bertukar dengan teman sekelasnya.
3. Memiliki program peningkatan literasi yang rutin dilakukan