RANCANGAN AKSI NYATA TERKAIT ASESMEN
MEMBACA DAN MENULIS (AKM) DI SEKOLAH DASAR
1. Kegiatan yang dipilih:
Diintegrasikan dengan pembelajaran Bahasa Indonesia yakni menulis puisi dan diberikan tema "Budaya Daerah".
2. Strategi yang digunakan:
Membaca mandiri dan menulis kreatif.
- Membaca Mandiri: Peserta didik diminta untuk menggali informasi dari bacaan secara mandiri. Peserta didik diberikan kesempatan untuk memilih cerita sesuai dengan yang disukai. Sebelumnya buku cerita telah disiapkan oleh guru berkaitan dengan budaya daerah.
- Menulis Kreatif: Menulis kreatif dilakukan setelah peserta didik membaca mandiri, dimana peserta didik diminta membuat puisi berdasarkan cerita yang telah dibaca.
3. Alokasi waktu:
Jumlah pertemuan yakni 2 kali pertemuan.
Setiap pertemuan yaitu 2 Jam Pembelajaran (2 X 35 menit)
4. Langkah-langkah kegiatan:
Petemuan Pertama: Berfokus Membaca Cerita yang Disukai