Lihat ke Halaman Asli

M. Rizki Prasetyo

Mahasiswa PPG

Tugas Mata Kuliah Literari Dasar Koneksi Antar Materi T5.6 2

Diperbarui: 17 Desember 2024   21:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Rangkuman Berbagai Kegiatan Literasi Dari Kelompok

Literasi merupakan keterampilan dasar yang penting untuk meningkatkan kemampuan membaca, menulis, berbicara, dan berpikir kritis peserta didik. Berikut adalah rangkuman kegiatan literasi berdasarkan presentasi kelompok yang dirancang untuk mendukung pembelajaran yang aktif dan menyenangkan:

1. Pojok Baca Seru: Jelajah Dunia Lewat Buku

Kegiatan ini bertujuan untuk membangun kebiasaan membaca. Setiap pagi, setelah upacara atau saat istirahat, peserta didik membaca buku sesuai minat mereka selama 15 menit. Buku-buku yang disediakan mencakup genre petualangan, sains, cerita rakyat, dan komik edukatif.

Setelah membaca, peserta didik menulis ringkasan atau pendapat pribadi. Pada sesi tertentu, mereka mempresentasikan isi buku di depan kelas. Kegiatan ini melatih keterampilan membaca, menulis, dan berbicara, serta membangun rasa percaya diri. Penilaian mencakup pemahaman bacaan, kreativitas, dan partisipasi diskusi.

2. Kelas Literasi Interaktif Melalui Kegiatan Aransi

Dilaksanakan selama tiga minggu dengan pertemuan mingguan. Minggu pertama, peserta didik membaca buku atau menonton cerita sesuai tema, dilanjutkan diskusi. Minggu kedua, mereka membuat proyek kreatif seperti poster atau cerita pendek berdasarkan bacaan. Minggu ketiga, proyek dipresentasikan di depan kelas.

Guru memberi kebebasan untuk memilih bentuk karya sesuai kreativitas peserta didik. Penilaian mencakup keterlibatan, kreativitas proyek, dan kemampuan menyampaikan ide secara lisan.

3. Pojok Baca dan Mading Kelas

Kegiatan ini dilaksanakan tiga kali seminggu selama 15--20 menit sebelum pembelajaran dimulai. Peserta didik membaca buku sesuai minat. Kelas bawah menggambar isi cerita, sedangkan kelas atas menulis refleksi atau resensi.

Hasil karya yang menarik dipajang di mading kelas. Guru memfasilitasi diskusi dan menjawab pertanyaan peserta didik. Penilaian berdasarkan partisipasi selama membaca dan kualitas karya yang dihasilkan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline