Lihat ke Halaman Asli

Cemplon, Gurih di Luar Manis di Dalam

Diperbarui: 24 Juni 2015   03:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

1386995221775161678

Alam telah menyediakan berbagai ragam jenis tumbuhan yang dapat dimanfaatkan oleh manusia. Salah satunya adalah singkong. Singkong atau ubi kayu merupakan salah satu jenis tumbuhan yang banyak dijumpai di Indonesia. Bahkan di sebagian daerah singkong menjadi makanan pokok. Singkong kini sedang naik daun dengan berbagai kreasi-kreasi unik sehingga singkong memiliki niali jual yang lebih tinggi lagi. Singkong dapat dikreasikan menjadi berbagai macam makanan dan camilan yang tetunya menyehatkan, harga terjangkau dan tak kalah lezat dengan makanan dan camilan yang diadopsi dari makanan-makanan luar negeri. Cemplon, adalah salah satu jenis makanan yang terbuat dari singkong berbentuk bulat atau oval yang didalamnya terdapat potongan gula merah atau gula jawa. rasanya yang gurih diluar dan manis didalam menjadi kenikmatan sendiri ketika memakannya.

[caption id="attachment_283770" align="aligncenter" width="320" caption="Cemplon"][/caption]

Cemplon adalah salah satu jenis makanan tradisional Indonesia. Makanan ringan yang banyak dijual di pasar tradisional ini seiring berkembangnya jenis dan ragam makanan membuat cemplon sedikit banyak mulai dilupakan oleh masyarakat. Cara dan bahan untuk membuat cemplon pun sangat sederhana sekali. Hanya dibutuhkan beberapa bahan saja.  Beberapa bahan yang dibutuhkan jika Anda ingin membuatnya antara lain sebagai berikut : singkong, kelapa parut, gula jawa atau gula aren dan garam. Sederhana sekali bukan?

Bahan-bahan diatas banyak tersedia di pasaran sehingga Anda tidak perlu susah-susah mencarinya. Ditambah lagi dengan harganya yang sangat terjangkau oleh siapa saja menjadikan makanan ini menjadi makanan yang merakyat. Dan berikut adalah cara membuat cemplon yang bisa Anda coba :

Bahan – bahan :

Singkong / Ubi kayu                         1 (satu) kg

Kelapa parut                                         ½ buah

Gula jawa sisir (untuk isisan)          sesuai selera

Garam                                                     secukupnya

Vanili  bubuk                                        I bukungkus

Minyak goreng (untuk menggoreng)

[caption id="attachment_283771" align="aligncenter" width="320" caption="singkong dan kelapa"]

1386995260113226597

[/caption]

Cara membuat         :

1.Kupas singkong lalu cuci sampai bersih dan rendam terlebih dahulu dalam air bersih kurang lebih satu jam untuk menghilangkan asam biru.

2.Setelah kurang lebih satu jam, tiriskan singkong lalu parutlah singkong.

3.Peras singkong dengan menggunakan kain atau saringan (lubang kecil) untuk memisahkan air dengan ampas singkong.

4.Campurkan singkong yang sudah diperas airnya tadi dengan kelapa yang sudah diparut.

5.Bubuhkan garam dan vanili.

6.Aduk semua bahan lalu buat bulatan kecil ataupun oval (cukup menggunakan tangan), jangan lupa masukkan gula jawa yang sudah disisir untuk isian. Kepal-kepal dan usahakan gula jawa tertutup rapat dengan singkong parut.

7.Goreng dengan minyak panas sampai kuning keemasan. Angkat

Dari bahan 1 kg singkong tersebut dapat menjadi 15-20 cemplon, tergantung seberapa besar ukuran cemplon yang dibuat. Ada beberapa tips dalam proses membuat cemplon ini.

Mudah sekali bukan?!

Dari bahan-bahan yang sederhana dapat menjadi makanan ringan yang gurih lezat tanpa harus takut dengan berbagai pengawet seperti makanan ringan buatan pabrik. Makanan sehat, tanpa pengawet, tanpa pewarna yang bisa dijadikan teman ketika bersantai. Karbohidrat yang ada pada kandungan singkong membuat cemplon menjadi salah satu pengganjal perut ataupun pengganti nasi ketika lapar.

Cemplon hanya satu dari sekian banyak jenis makanan yang berbahan dasar singkong. Contoh lain makanan yang dapat dibuat dengan berbahan dasar singkong adalah cake, kroket, pudding, stik singkong, tiwul, geblek, growol dan lain-lain. Makanan yang kaya akan karbohidrat ini bukan saja mengenyangkan tetapi menyehatkan. Singkong kini bukan lagi menjadi jenis tumbuhan liar yang hanya dipandang sebelah mata. Singkong kini menjadi salah satu primadona kuliner Inodonesia baik diolah dalam bentuk kreasi, inovasi modern maupun dalam bentuk olahan tradisional, termasuk cemplon. Naah, tidak ada salahnya Anda mencoba membuat cemplon makanan sederhana menyehatkan ini.

Selamat mencoba ! :)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline