Lihat ke Halaman Asli

Mas Why

Mahasiswa

Perancangan Sistem Informasi Pemesanan Paket Wisata Berbasis Web di PT Anagata Tour Adventure

Diperbarui: 25 Juni 2023   23:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membangun sistem informasi pemesanan paket wisata yang ada pada PT.Anagata Tour Adventure dengan cara mengidentifikasi dan menganalisis permasalahan yang ada pada perusahaan. PT.Anagata Tour Adventure memiliki beberapa kendala yaitu kurang terstrukturnya dalam proses bisnis pemesanan dan penawaranjika dilakukan secara, Terkadang dalam proses pemesanan paket wisata masih terdapat alur kerja yang tidak tertata rapi, sehingga mengakibatkan proses bisnis tidak tersusun secara tersistematik dan proses bisnis dalam departemen  penjualan menjadi kurang maksimal dapat menimbulkan terjadinya berbagai masalah yang dilakukan oleh karyawan.

Berdasarkan masalah tersebut maka penulis akan membuat sistem informasi yang dapat memberikan kemudahan dalam melakukan pemesanan paket wisata. Metode yang digunakan dalam peneitian ini adalah metode pendekatan sistem untuk mengetahui situasi atau sistem yang sedang berjalan pada PT.Anagata Tour Adventure. Metode pendekatan yang digunakan adalah berbasis objek dan pengembangan sistem menggunakan waterfall agar sistem yang dibangun sesuai dengan yang diinginkan. Hasil akhir dari penelitian ini adalah membuat aplikasi sistem informasi pemesanan paket wisata berbasis web yang dapat menjadi solusi terhadap masalah yang terdapat pada perusahaan.

Daftar Pustaka

Wang, D., Xiang, Z., Fesenmaier, D. R., & Sigala, M. (2018). Assimilation of robots in hotels: A study of tourist attitudes and intentions. Journal of Travel Research, 57(8), 1093-1108.

Buhalis, D., & Law, R. (2008). Progress in information technology and tourism management: 20 years on and 10 years after the Internet—The state of eTourism.

Gretzel, U., & Yoo, K. H. (2008). Use and impact of online travel reviews. Information and Communication Technologies in Tourism, 35-46.

Kandampully, J., Zhang, T., & Bilgihan, A. (2015). Customer loyalty: A review and future directions with a special focus on the hospitality industry. International Journal of Contemporary Hospitality Management, 27(3), 379-414.

Xiang, Z., Du, Q., Ma, Y., & Fan, W. (2017). A comparative analysis of major online review platforms: Implications for social media analytics in hospitality and tourism. Tourism Management, 58, 51-65.

Andi Offset. Kristanto, A. (2003). Perancangan Sistem Informasi dan Aplikasinya. yogyakarta: Gava Media.

Sutabri, T. (2004). Analisa dan Perancanga Sistem. Yogyakarta:

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline