Lihat ke Halaman Asli

Permina

Lawyer

10 Cara agar Tidak Burnout Selama dan Setelah Bekerja, Nomor 7 Penting Diingat

Diperbarui: 18 Oktober 2023   20:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi. Burnout/foto:pexels @n-voitkevich

Cara Mengatasi Agar Tidak Burnout Selama Bekerja dan Setelah Bekerja

Inilah 10 cara mengatasi agar tidak burnout selama bekerja dan setelah selesai bekerja keras, nomor 7 penting untuk diingat.

Pekerjaan yang menguras energi dan membebani pikiran kerap kali menciptakan kondisi tubuh yang disebut burnout, Kamu pernah merasakan kondisi tersebut?

Untuk menghindari burnout di tempat kerja, pekerja dapat mengambil langkah-langkah berikut:

1. Atur Batasan

Tetapkan batasan jelas antara waktu kerja dan waktu pribadi. Cobalah untuk tidak membawa pekerjaan ke rumah dan memberi diri waktu untuk istirahat.

2. Kelola Waktu dengan Baik

Buat jadwal yang teratur, tetapkan prioritas, dan hindari menumpuk pekerjaan. Manfaatkan teknik manajemen waktu seperti Pomodoro untuk meningkatkan produktivitas dan mengurangi stres.

3. Lakukan Hobi dan Kegiatan Relaksasi

Luangkan waktu untuk melakukan hobi atau kegiatan yang dinikmati di luar pekerjaan. Ini bisa membantu meredakan stres dan menjaga keseimbangan, serta salah satu cara efektif mengatasi agar tidak burnout selama bekerja dan setelah selesai bekerja.

Cobalah pijat message yang merujuk pada jenis layanan pijat atau terapi fisik yang disediakan melalui pesan teks atau panggilan telepon untuk membuat janji atau mengatur waktu sesi pijat dengan penyedia jasa pijat. 

Pengguna biasanya akan menghubungi penyedia jasa pijat melalui pesan teks atau panggilan telepon untuk mengatur waktu, lokasi, atau jenis pijat yang diinginkan. Berikut informasi untuk Massage Panggilan bisa pembaca coba.

4. Istirahat Secara Teratur

Luangkan waktu untuk istirahat selama hari kerja. Singkatnya jeda antara tugas-tugas, berjalan-jalan sebentar, atau lakukan latihan pernapasan.

5. Komunikasi yang Baik

Berbicaralah dengan atasan atau rekan kerja jika merasa terlalu terbebani. Diskusikan cara untuk mengurangi beban kerja atau mendistribusikannya secara lebih adil.

6. Jaga Kesehatan Fisik

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline