Lihat ke Halaman Asli

Program Superstar, Apa itu?

Diperbarui: 5 Maret 2018   16:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kabeh Sedulur, Kabeh Makmur/dokumentasi pribadi

Surabaya, Calon Wakil Gubernur Jawa Timur , Puti Soekarno memperkenalkan program baru yang diusung dalam pencalonannya sebagai calon Wakil Gubernur Jawa Timur mendampingi Saifullah Yusuf yang menjadi Calon Gubernur.

Progam baru tersebut bernama Superstar. Yaitu Sentra UMKM dan Pemberdayaan Start Up. Program ini dilatarbelakangi oleh masih sedikitnya perempuan di Jawa Timur ini yang mempunyai andil dalam pemenuhan kebutuhan hidup keluarganya. Peran itu masih banyak didominasi oleh kaum laki-laki saja.

Jika kita melihat di lapangan banyak potensi yang bisa digarap dalam hal pemberdayaan perempuan. Hal ini tampak saat menghadiri pembukaan program pelatihan 2018 pahlawan ekonomi Surabaya di Kapas Krampung Plaza bersama walikota Surabaya Tri Rismaharini, Minggu (4/3).

Dalam kegiatan tersebut banyak sosok perempuan yang berjuang untuk memenuhi kebutuhan dan meningkatkan ekonomi keluarga dengan menjadi pegiat Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). "Saya punya program namaya Superstar yang kepanjangan dari Sentra UMKM dan Pemberdayaan Start Up," kata Puti, dalam sambutannya di acara tersebut.

Kata Puti, program Superstar ini akan diterapkan apabila diijinkan untuk memimpin Jawa Timur. Nantinya program ini akan disinergikan dengan program-program lainnya seperti Satria Madura, Seribu Dewi, Tebar Jala, dan lainnya. "Program ini akan disinergikan dengan program lainnya. karena antara program satu dengan program lainnya ini saling berkaitan," katanya.

Di samping itu, Puti juga memuji sosok Risma yang telah berhasil mengubah perkenomian rakyat Surabaya dengan memberdayakan masyarakatnya melalui UMKM. Terlebih lagi, Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Jawa Timur di tahun 2017, paling terbesar adalah dari sektor UMKM, dengan menyumbang 54 persen.

"Tentunya, nanti saya akan minta pengarahan dari Bu Risma. Ketika pertama kali saya di Jawa Timur, Bu Risma pernah cerita bagaimana memberdayakan perempuan. Beliau mengatakan di Surabaya ini ada sekitar lebih delapan ribu UMKM yang telah menyumbang PDRB-nya Jawa Timur itu 54 persen. Tentunya ini tidak terlepas dari perempuan-perempuan superstar," kata dia.

Dari sinilah kemudian, Puti mereplikasikan program walikota Surabaya ini untuk diterapkan di Jawa Timur. "Salah satunya di UMKM ini. Dengan memberikan pendampingan, pelatihan kepada mereka supaya para ibu-ibu atau perempuan ini bisa mandiri, kreatif, dan memiliki inovasi. Karena dengan seperti itu mereka tidak bisa berkembang," ujar Puti.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline