Lihat ke Halaman Asli

Aam Permana S

ihtiar tetap eksis

"Official Partner" Asian Games 2018 Rugi Besar?

Diperbarui: 25 Agustus 2018   22:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

APP Sinarmas

Asian Games 2018 yang kini sedang berlangsung,  seperti diketahui, mendapat dukungan dari sejumlah perusahaan dan BUMN.  Perusahaan tersebut, ada yang menjadi partner kehormatan resmi, partner resmi seperti  Asia Pulp & Paper  (APP) Sinar Mas, sponsor resmi, sponsor, ada juga yang hanya menjadi pemasok resmi.

Berbagai langkah, tentu dilakukan oleh perusahaan  BUMN dan swasta yang jumlahnya kurang lebih 21 tersebut. Dana besar pun, sudah pasti dikeluarkan.  APP Sinar Mas umpamanya, jauh sebelum  Asian Games berlangsung, sudah bergerak untuk membangkitkan deman Asian Games serta memperkuat dukungan dengan tanda pagar (tagar)#UntukmuIndonesiaku.

Agar gerakan itu berhasil,  keluarga besarnya dan lintas pilar bisnisnya dirangkul untuk bergabung menyemarakkan Asian Games 2018. Bentuknya antara lain berupa penandatanganan petisi "Sejuta Dukungan" serta aksi flashmob serta goyang Maumere dan Poco-Poco lebih dari 1.000 karyawan, termasuk direksinya.

Selain itu, Sinar Mas juga menyediakan dan membangun sejumlah fasilitas pendukung.  Sebut saja misalnya, lintasan boling di sebuah gedung dua lantai seluas 4.200 meter persegi dengan nilai Rp 27 miliar, dalam naungan Jakabaring Sport Center, Palembang.  Sinar Mas juga (Sinar Mas Land) membenahi 16 gedung olahraga dan fasilitas lainnya seperti di Pulomas dan Rawamangun, di  Jakarta.

Selain itu, APP Sinar Mas juga menyediakan produk Sinar Dunia dan Paseo guna memenuhi kebutuhan kertas fotokopi serta tisu untuk digunakan ketika Asian Games berlangsung.

APP Sinarmas

Lalu, apakah APP Sinar Mas tidak rugi? Sebab masyarakat  awam pun tahu,  bahwa materi yang digelontorkan selama ini, dipastikan tidak akan kembali dari atau selama perhelatan akbar se negara Asia tersebut berlangsung.

Jawabannya, tentu saja tidak. Sebab apa yang dilakukan APP Sinar Mas, mengutip rilis resmi di situs dan blognya, tidak mencari keuntungan dari ajang yang berlangsung singkat tersebut. Ajang Asian Games, oleh APP Sinar Mas hanya dianggap sebagai promosi yang sangat efektif.

Sebagaimana dikatakan Managing Director Sinar Mas Saleh Husin , melalui Asian Games 2018, APP Sinar Mas berkesempatan menampilkan sejumlah lini produknya yang berkualitas ke hadapan 45 negara yang menurunkan atletnya di Asian Games.

"Ini adalah promosi yang sangat efektif, sejalan dengan upaya Pemerintah mendorong produk Indonesia semakin mendunia," katanya seperti dilansir blog resmi APP Sinar Mas.

Dan APP Sinar Mas yakin,keuntungan yang akan diraih dengan mendunianya produk Indonesia, jauh lebih besar dari yang telah digelontorkan selama ini. Demikian pula dengan tujuan dan harapan BUMN dan perusahaan swasta lain yang  ikut mendukung Asian Games 2018.***




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline