Lihat ke Halaman Asli

Muhamad Adib

Wong Alas

Jambore Petanque 2021

Diperbarui: 12 September 2021   21:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Mensyukuri (Insya Allah) berahirnya masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), Asosiasi LMDH Indonesia (Almadhina) bekerjasama dengan HPS Petanque Club akan menggelar Kompetsisi Petanque Se Jawa pada tanggal 29 -- 31 Oktober 2021 di Kawasan Wisata Hutan Pinus Sawangan Desa Sawangan Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas Jawa Tengah dalam bentuk Jambore Petanque 2021.

Kegiatan Jambore Petanque 2021 bertujuan untuk mempererat tali silaturrahmi antar atlet Petanque yang tersebar di pulau Jawa, sekaligus memasyarakatkan olah raga Petanque kepada masyarakat luas. Karena pada umumnya masyarakat Jawa belum mengenal olah raga Petanque.

dokpri

Petanque merupakan cabang olahraga  non body contact dengan jumlah pemain single (perorangan memainkan tiga bola), double (perorangan memainkan tiga bola), triple (perorangan memainkan dua bola), dan shooting game. Jenis olahraga ini termasuk katagori olahraga individu dan beregu. Peralatan yang digunakan dalam olahraga petanque terdiri atas boules (bosi), jack (boka), circle (lingkaran), dan meteran pengukur untuk jarak 1, 5, dan 10 meter.

Permainan petanque dengan cara melempar bola besi sedekat mungkin dengan bola kayu yang disebut dengan cochonnet dan kaki harus berada di lingkaran kecil. Permainan ini biasa dimainkan di tanah keras ,  rerumputan dan atau pasir.

Petanque sendiri sudah secara resmi menjadi cabang olah raga yang di pertandingkan di Porda, PON, Sea Agames,Asean Games dan Olimpiade

"Jambore Petanque 2021, merupakan jambore pertama kali yang di gelar di Indonesia. Meskipun tetap di kemas sebagai sebuah kompetisi tetapi semangat silaturrahmi, persaudaraan, sportivitas  dan saling belajar sesama komunitas petanque adalah jiwa dari Jambore.  Peserta jambore petanque akan bermalam di tenda-tenda yang kami siapkan di bawah rerimbunan hutan pinus. Dan sepertinya pertandingan Petanque di dalam kawasan hutan juga menjadi yang pertama di Indonesia" Kata Bangun Arif Yuniatto, pelatih sekaligus manager HPS Petanque Club.

dokpri

Sebagai kenang-kenangan Jambore dan sekaligus bentuk nyata kepedulian komunitas Petanque, seluruh peserta Jambore akan menanam pohon di dalam kawasan hutan Pinus Sawangan bersama masyarakat dan Perum Perhutani KPH Banyumas Timur.

Bagi kawan-kawan komunitas Petanque yang ingin bergabung di gelaran Jambore Petanque 2021 dapat menghubungi Nomor WA 0852-2791-4859




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline