Lihat ke Halaman Asli

Yudha Adi Putra

Penulis Tidak Pernah Mati

Strategi dan Model Ekonomi Penguatan Industri Manufaktur dan Peristiwa

Diperbarui: 13 Juni 2022   19:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Strategi dan Model Ekonomi Penguatan Industri Manufaktur dan Peristiwa yang Menyertainya

Untuk Jossephine Daniella Iki

Sebelum melihat mengenai strategi dan model ekonomi, menarik untuk memiliki pengertian yang sama mengenai manufaktur. Pertama saya mendengar istilah ini ketika masih SMK, ada jurusan baru dan namanya ada kata "manufaktur"nya. Jurusan baru yang berkaitan dengan mesin. Saya menjadi memiliki pemahaman kalau manufaktur itu kaitannya dengan mesin.

Mungkin mereka adalah bagian dari teknik mesin. Atau bisa saja alat yang digunakan dalam teknik mesin. Bingung sebenarnya, apa yang dimaksudkan dengan manufaktur. Lalu, kenapa perlu ada penguatan dalam industrinya. Apa karena selama ini, industri manufaktur itu lemah. Belum lagi tidak banyak yang bisa melakukan hal berkaitan dengan "manufaktur". 

Seolah, gambaran mengenai manufaktur itu menjadi hal yang besar. Memangnya, apa "manufaktur" itu. Sampai ada jurusan di SMK mengenai manufaktur. Saya terbantu dengan kutipan dari Corporate Finance Institute. 

Dalam kutipannya, disebutkan kalau manufaktur merupakan sebuah badan usaha atau perusahaan yang memproduksi barang jadi dari bahan baku mentah dengan menggunakan alat, peralatan, mesin produksi, dan sebagainya dalam sekala produksi yang besar.

Pengertian itu menolong pada penjelasan selanjutnya. Manufaktur tidak hanya berkaitan dengan mesin saja. Manufaktur begitu luas. Gambarannya dapat berupa perusahaan yang bisa mengolah barang mentah menjadi barang setengah jadi. Mungkin karena besi dan mesin identik dengan barang mentah. Jadi sering gambaran mengenai manufaktur adalah soal mesin saja. 

Padahal kenyataannya lebih luas. Memang, manufaktur menjadi bagian dari usaha ekonomi yang dilakukan oleh masyarakat Jawa Tengah. Kegiatan yang dilakukan dapat memberikan pemasukan ekonomi. Tetapi itu juga berdampak pada lingkungan. Bagaimana perkembangan yang dilakukan. 

Seperti apa saja industri manufaktur yang terjadi. Dari segi teknis, industri manufaktur dengan perubahan yang terjadi akan menolong untuk membawa perubahan dan menaikkan pendapatan masyarakat. Untuk menjalani dinamika yang seperti itu, tetap membutuhkan strategi dalam pelaksanaannya.

Strategi seperti apa yang dapat dilakukan. Dalam pelaksanaan dan perkembangan industri manufaktur, kadang yang menjadi orientasi adalah hasil dan keuntungan. Bagaimana dengan dampak dan analisis ketika berkaitan dengan lingkungan. Manufaktur memberikan kontribusi yang buruk dan mungkin beragam. 

Kegiatannya dalam mengubah bahan mentah menjadi bahan setengah jadi tentunya memerlukan banyak perlakuan. Perlakuan akan bahan mentah dengan mengubah kondisi bahan bisa berimplikasi pada lingkungan. Bisa terjadi demikian karena dampak yang bermunculan tidak langsung terlihat. Benar saja, ketika ada industri manufaktur. Lingkungan akan menerima dampaknya. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline