Lihat ke Halaman Asli

PERISAI BANGSA

Guru Bahasa Arab dan Bahasa Inggris

Royal Golden Eagle Serukan Fashion Berkelanjutan

Diperbarui: 13 Agustus 2023   14:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

www.rgei.com

Royal Golden Eagle merupakan sebuah grup perusahaan yang bergeraak di berbagai sektor industri perusahaan kertas, kain rayon, viskos, minyak kelapa sawit dan oil & gas. Visi RGE adalah menjadi salah satu perusahaan berbasis sumber daya alam berkelanjutan terbesar dan terbaik, senantiasa menciptakan manfaat untuk masyarakat, negara, iklim, pelanggan, dan perusahaan. Kami disatukan oleh tujuan bersama untuk meningkatkan kualitas hidup dengan mengembangkan sumber daya alam secara berkelanjutan.

RGE (Royal Golden Eagle) mengelola sekelompok perusahaan manufaktur berbasis sumber daya alam yang beroperasi di berbagai negara. Ragam bidang usaha kami mulai dari sektor hulu yang meliputi pengembangan sumber daya alam dan pemanenan yang berkelanjutan hingga pengolahan menjadi beragam produk yang memiliki nilai tambah untuk pasar global.

Komitmen perusahaan pada pembangunan berkelanjutan, konservasi dan pengembangan masyarakat mendasari operasi kami, dimana kami berusaha sebaik mungkin untuk memberikan manfaat bagi masyarakat, negara, iklim, pelanggan, dan perusahaan.

Seperti halnya saat pameran produk kain rayon di Nusa Indah Bali, Asia Pacific Rayon (APR) kembali menunjukkan komitmennya dalam pengembangan Sustainable Fashion (fesyen berkelanjutan) di Indonesia dengan berpartisipasi dalam Bali Fashion Trend Spring Summer 2020. Ajang kreasi desainer dalam negeri yang diselenggarakan oleh Indonesia Fashion Chamber (IFC) tersebut mengangkat tema sustainable fashion yang dituangkan ke dalam sejumlah karya terbuat dari kain rayon yang diproduksi secara berkelanjutan. Direktur Asia Pacific Rayon (APR), Basrie Kamba, melihat konsep fesyen berkelanjutan dan "Everything Indonesia" akan memperkuat peluang industri tekstil dalam negeri. 

Basrie yakin dengan mengoptimalisasikan bahan baku tekstil dalam negeri dapat mempercepat target pemerintah dalam peta jalan Making Indonesia 4.0. "Everything Indonesia" merupakan semangat untuk mendorong penggunaan produk lokal dimana seluruh pihak diajak untuk menggunakan bahan baku yang berasal dan diproduksi di Indonesia serta berorientasi pada kesejahteraan masyarakat seperti serat rayon yang diproduksi APR. "Konsep sustainable fashion menjadi perhatian dunia.

Dengan sejumlah keunggulan seperti bersumber dari bumi sendiri, biodegradable, serta terbarukan, rayon viskosa bisa menjadi alternatif sekaligus masa depan bahan baku tekstil. Mimpi menjadikan Indonesia sebagai salah satu kekuatan tekstil dan fesyen dunia bisa tercapai" ujarnya. National Chairman of Indonesia Fashion Chamber (IFC), Ali Charisma, mengatakan tren saat ini menuntut feysen yang tidak hanya mengedepankan keindahan tapi juga kelestarian lingkungan. 

Menurut dia, produk yang dihasilkan APR dapat menjadi jawaban bagi para desainer untuk berkarya dengan menggunakan bahan baku terbarukan yang sesuai dengan perkembangan dunia fesyen yang dinamis. "Isu sustainable fashion menjadi perhatian utama di Eropa dan Amerika. Saat ini, rayon viskosa menjadi salah satu pilihan utama untuk mengembangkan busana dari bahan yang berkelanjutan bila dibandingkan dengan bahan baku lainnya," ujarnya. Dalam gelaran fashion show, APR berkolaborasi dengan desainer anggota IFC Sav Lavin dan Eny Ming dalam menampilkan 16 busana bercorak khas Indonesia yang terbuat dari rayon. Diselenggarakan pada 7-9 November 2019, Bali Fashion Trend menampilkan sejumlah karya dari 35 desainer ternama serta bazar yang diikuti oleh penggerak fesyen Indonesia.

RGE didirikan oleh Sukanto Tanoto pada tahun 1973 dengan nama RGM. Saat ini aset yang dimiliki oleh perusahaan RGE melebihi US$30 miliar. Dengan mempekerjakan lebih dari 60.000 karyawan, kami memiliki operasi di Indonesia, Tiongkok, Brasil, Spanyol, dan Kanada, dan terus berkembang untuk melibatkan pasar dan komunitas baru.

Selain memiliki keahlian dalam menanam dan memanen pohon tanaman industri serta pengembangan sumber daya energi, perusahaan-perusahaan kami juga bergerak di berbagai sektor yang memproduksi dan mendistribusikan beragam produk berkualitas. Operasi kami dilakukan dengan praktik dan pengembangan berkelanjutan untuk menghasilkan kualitas baik dengan energi dan biaya yang efisien. Kami mengadopsi praktik industri terbaik serta melakukan penelitian dan pengembangan yang intensif untuk menjadikan perusahaan kami mampu mempertahankan keunggulan kompetitif. Tim kami yang terdiri dari para pakar internasional serta penggunaan teknologi canggih menjadi kunci operasional kami.

Hubungan erat perusahaan dengan pemerintah dan masyarakat adalah inti dari bisnis ini. Perusahaan bekerja untuk menciptakan hubungan kerja sama yang menguntungkan bagi semua pihak untuk jangka waktu yang panjang, ditunjukkan melalui dedikasi kepada masyarakat (melalui pengembangan infrastruktur, pendidikan), ekonomi (melalui penciptaan lapangan kerja, peningkatan keterampilan) dan lingkungan (melalui praktik-praktik berkelanjutan serta penelitian dan pengembangan).

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline