Lihat ke Halaman Asli

PERHUMAS Muda

Organisasi Profesi Humas

Company Visit PERHUMAS Muda Jakarta Raya ke Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan

Diperbarui: 20 Desember 2021   17:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

PERHUMAS Muda Jakarta Raya dan perwakilan PERHUMAS Muda lainnya saat visitasi ke Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan

Jakarta, 17 Desember 2021 - PERHUMAS Muda Jakarta Raya melaksanakan company visit ke Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, yang dihadiri oleh kepala organisasi dan humas, Wisnu Wardana dan staff Dirjen, Presti. Kegiatan company visit ini merupakan kegiatan rutin PERHUMAS Muda Jakarta Raya, yang mana tahun ini dilaksanakan bersama perwakilan dari PERHUMAS Muda Semarang dan PERHUMAS Muda Yogyakarta.

Tujuan dari company visit yang dilakukan oleh PERHUMAS Muda Jakarta Raya yaitu untuk membangun relasi dan juga mempelajari bagaimana biro humas yang ada di Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan Republik Indonesia mengimpelentasikan fungsi komunikasi dan kehumasan dalam suatu kegiatan.

Proses diskusi saat visitasi

Strategi pengelolaan komunikasi publik Direktorat Jenderal Perhubungan Laut terdiri dari tiga jenis, pertama yaitu komunikasi internal seperti pertemuan dengan anggota internal dalam rapat koordinasi, employee gathering dan media internal (news letter, intraweb, papan pengumuman). Kedua, komunikasi eksternal seperti media relations (liputan pers, jumpa pers, press tour), publikasi media massa (siaran pers, advertorial, talkshow), publikasi media sosial (infografis, video, microsite), dan sosialisasi kepada masyarakat melalui adanya podcast, FGD, pameran, dan kampanye keselamatan pelayaran. Ketiga, yaitu pelayanan informasi, seperti Pemahaman Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) dan hotline humas Direktorat Jenderal Perhubungan Laut (DJPL).

Kegiatan yang dilakukan oleh humas Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melakukan liputan bersama wartawan di beberapa tempat khususnya pantai atau laut (press tour) untuk melihat sarana transportasi yang ada disana. Program kedepannya yang akan dijalankan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Laut yaitu influencer eksternal yang mana berasal dari anak muda maupun masyarakat. 

“Rencana kita akan membentuk satu influencer eksternal, nanti kita akan mengajak teman-teman muda yang suka jalan-jalan dan tertarik dengan dunia kehumasan untuk bersama-sama menyebarluaskan informasi terkait dengan transportasi laut,” tutup Wisnu. Sehingga nanti setelah adanya kegiatan visitasi oleh PERHUMAS Muda Jakarta Raya akan membuka ruang kolaborasi yang kontinuitas bersama Direktorat Jenderal Perhubungan Laut.

Salam Indonesia Bicara Baik


PERHUMAS Muda Jakarta Raya adalah organisasi non profit di bawah naungan PERHUMAS Indonesia yang diperuntukan bagi mahasiswa aktif Jadetabek (Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi). Selain itu sebagai wadah untuk mempraktikkan ilmu Public Relations, memperluas networking serta mendapatkan ilmu dari para praktisi komunikasi.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline