PERHUMAS Muda Jakarta Raya mengadakan program Company Visit ke PT Elnusa Petrofin. Kunjungan ini bertujuan untuk memberikan edukasi seputar kehumasan dibidang produk dan jasa minyak pada khususnya. Dalam kesempatan ini ada beberapa kampus yang turut berpartisipasi menjadi peserta visit, seperti dari Universitas Budi Luhur (UBL), Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (IISIP) Jakarta, Universitas Pembangunan Nasional (UPN), Universitas Mercu Buana (UMB), Universitas Negeri Jakarta (UNJ), dan lain-lain.
Kegiatan ini diisi dengan pemaparan strategi dan kinerja humas bersama Head of Corporate Communications PT Elnusa Petrofin (EPN), Putiarsa Bagus Wibowo. Dalam diskusi santai tersebut Putriasa menyampaikan bahwa CorComm bekerja secara komplek karena harus menghandle klien yang memiliki kepentingan berbeda.
Ia juga menambahkan ada beberapa kegiatan yang dapat dilakukan seorang humas untuk membangun awareness masyarakat. Pertama adalah berita, harus ada release walaupun tidak ada event seperti berita tentang inovasi kita atau HRD dan lain-lain.
Kedua adalah Corporate Sosial Responsibility (CSR) di wilayah operasional, Humas tidak harus melakukan pendekatan yang sama ke setiap daerah. Selain itu membuka kesempatan volunteer untuk millenial agar dapat berkontribusi di luar pekerjannya untuk Elnusa Petrofin.
Humas memegang peranan penting untuk perusahaan. Humas harus jadi divisi strategis, tidak hanya dibutuhkan saat adanya krisis. "Peran PR di Elnusa cukup strategis, salah satu departemen yang tidak dilupakan disetiap kegiatan. Selalu dilibatkan dalam kegiatan apapun. Namun harus fleksibel sesuai keinginan manajemen" Ujar Putiarsa.
Kunjungan ditutup dengan penyerahan kenang-kenangan dari pengurus PERHUMAS Muda Jakarta Raya kepada Elnusa Petrofin. Diharapkan program kunjungan ini membuat para mahasiswa tidak hanya mengetahui tentang kehumasan namun juga edukasi tentang tren hilir migas di Indonesia.
Seorang humas hendaknya mengenal dan mempelajari seluruh bentuk industri, karena di dalamnya pasti selalu dibutuhkan suatu bentuk komunikasi, baik itu internal maupun eksternal. Public Relations itu 360 derajat, artinya mengetahui segala tren industri, ekonomi, migas, keuangan, teknologi, manufaktur, konstruksi, properti, dll. Sebab karena, selain tetap menjaga untuk tetap up to date, bisa jadi atasan kita adalah sosok dengan latar belakang non-komunikasi.
#IndonesiaBicaraBaik
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H