Lihat ke Halaman Asli

SMA, Full of Story

Diperbarui: 24 Juni 2015   19:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Cerpen. Sumber ilustrasi: Unsplash

Selamat senja. Yah sekalipun pas kalian baca tulisan ini suasananya udah malem, pagi, siang atau pun subuh, yang pasti gua nulisnya pas senja. Dan berhubung gua suka senja, jadi kalian harus sepakat untuk ngejawab selamat senja juga (lah kok?). Udah lama banget gua pengin nulisin cerita ini. Kenapa? Yah pengin aja. Masih inget lirik lagu ini:

Tiada masa paling indah, masa-masa di sekolah

Tiada kisah paling indah, kisah kasih di sekolah

Nah lirik ini ngewakilin alasan gua. Because SMA is the sweetest memory. Semua halmulai dari yang gak jelas sampai yang bertaraf serius terjadi di masa ini. Kisah cinta yang ongol-ongol ada, kisah cinta ala Habibie-Ainun ada, Romeo and Juliet, gua gak tau ada apa kagak, xixixi J. Trus juga ada kisah OSIS yang sampe sekarang lengket di otak gua. Emang permen karet? Apalagi ya? Persahabatan yang sangat kental dan manis, tapi bukan susu cap Bendera loh ya. Dan Alhamdulillah persahabatan itu aman dan tenteram hingga detik ini. Gua malah sekamar ma Endang Widoretno Sulistyorini, trus tetanggaan pula dengan Deka Dyah Utami, Ayu Sekarsari dan Harmitha Achmad. Eh gua juga satu kampus ma si Rahman Syam alias onong. Wajah-wajah mereka lagi, lagi dan lagi, selama sembilan tahun terakhir. Gak ada baru-barunya. Huaaahhh… kabuuurrr *ditimpuk rame-rame. But at all, I will be nothing tanpa kalian. Buat kalian semua ditambah Alvin Nurjannah dan dikurangi Rahman Syam, kiss and hug dari gua, miss lelet. Dan buat semuanya yang pernah hadir dalam hidup gua di masa-masa itu, rasa kangen yang sangat dalam gua persembahkan untuk kalian. Nglirik kisah kita yuk, cekidot.

Nge-Fans Pembina OSIS

Siapa sih yang gak kenal pembina OSIS kita waktu itu, Mr. Amiruddin, S.Pdi. Dan siapa sangka kalau salah seorang cewek di SMA ngefans banget ama beliau. Cewek itu adalah temen sebangku gua pas kelas tiga and temen sekamar gua tiga tahun terakhir. Endang Widoretno Sulistyorini, siapa lagi. Sebenernya gua juga ngefans tapi berhubung sebelum masuk SMA gua udah kenal Pak Amir, maka rasa kenge-fans-an itu udah luntur. Huehehe. ^_^. Sumpah deh kalau diinget-inget lagi, pasti bikin ngakak. Pasalnya kalau di sekolah, gua dan Orta mendadak jadi supporter pengintaian diam-diam.

“Ndang…Pak Amir tuh…cepet…cepet nanti keburu lewat.” Orta dan gua selalu jadi pengintai hebat bukan? Tau aja posisi si pembina OSIS. Huuihihi.

Endang dengan semangat dan mungkin dada berdebar-debar ngintip dari balik pintu kelas. Dan yang paling heboh adalah ketika Pak Amir mutusin mengakhiri masa lajangnya. Hahahaha. Endang ampe rela jadi bingkisan menarik untuk dikirim ke hari H pernikahan. Duhh…segitunya. Untungnya, tak lama berselang, hadirlah Mr. Rusdiono alias Kak Udhy alias Kuro. Hehehe PEACE ^_*. Kak Rusdiono dan Endang Widoretno Sulistyorini masih langeng hingga detik ini lho. Gua do’ain dah, moga-moga jodoh dunia akhirat. AMIN.

ABG LABIL

Jantung gua rasanya mau loncat keluar. Keringat gua netes satu-satu. Mata gua mendelik (eh boong ding). Oh my Goat, eh salah, oh my God, yang barusan lewat, yang barusan ngasih gua senyuman terindah, haduh…itu kan…itu kan…orang yang gua idolain selama ini. Oh Tuhan, rupanya dia sekolah di sini. Rupanya dia adalah senior gua. Seketika itu, hati gua langsung ditumbuhi bunga-bunga. Ada Mawar, Melati, Seruni, Lili, Anggrek, pokoknya segala jenis bunga selain Rafflesia, xixixi.

Waktu itu kita lagi pra-MOS (baca: Masa Orientasi Sekolah), wuih jadi pas ketemu ma tuh kakak, muka ma baju gua cemong di mana-mana. Jelek banget pokoknya. Walau pun dari sononya gua jelek, tapi kali ini jauh lebih jelek. Gua ngliatin tuh kakak, waaahhhh super memesona. Dasar anak ABG labil, hehehe. Jantung gua kembali berbunyi, dug dug dug. Perasaan tiap hari juga bunyi kayak gitu J. Masalahnya gua ngefans ma itu kakak sejak gua masih SMP. Waktu itu gua ikut MTQ se sul-sel (Musabaqah Tilawatil Qur’an) di Sukamaju. Dan gua terpesona banget kalau tuh kakak lagi ngaji. Ya Allah…inilah imam yang baik (hahaha segitunya). Fasih dan tajwidnya pas banget. Singkat waktu, dalam seminggu MTQ, gua akrab ma tuhkakak and satu orang temannya lagi, namanya sebut aja Kak G. Jadi gua selalu bareng-bareng gitu ma mereka selama seminggu. Maksudnya bareng-bareng kalau latihan. Oh iya, nama kakak itu, sebut aja Kak S, dia qari’ yang ngwakilin kecamatan Bone-Bone. Kalau Kak G, ustadz, ngwakilin Bone-Bone ceramah. Gua sendiri, hahaha gua cuman dayang-dayangnya si kak G. Ngartiin tiap ayat yang dia baca. Gua satu tim ma dia.

Well singkat cerita, semuanya berakhir indah. Gua dan Kak S makin deket. Apakah gua jadian? Oh…NO. Gua dan Kak S gak pernah jadian. Karena ternyata Kak S deket ma gua karena lagi jadi PHB (baca: Penghubung) antara jembatan Sura dan Madu (eh bukan ding), maksudnya penghubung Kak G ma gua. Hehe. Demi menghargai Kak S dan daripada gak dapet apa-apa, gua jadian ma Kak G. Lagian Kak G gak kalah hebat. Dia jago ceramah, jago ngaji, cas cis cus kalau ngomong pake Bahasa Arab, pinter hadits, de el el, de el el.Xixixi.

Delapan bulan pacaran dengan tiga kali pertemuan dalam rumah gua, yang ditemeni temen-temennya. Jadilah sebuah pengajian dengan Kak G ustadznya. Katanya gak baik kalau kita berduaan. Gua manggut-manggut aja. Ya…ya…ya.

Gua akhirnya mutusin putus sepihak setelah lost contact lama banget. Dia udah kuliah dan mungkin lupa. Gua aja lupa. Hehehe. Dasar ABG labil.

TOLONG! Deka tenggelam

Pagi itu cerah banget. Anak-anak XA udah ngerencanain sebuah pembunuhan. Maksudnya pembunuhan rasa jenuh. Gua, Alvin, Deka, Mitha, Endang, Ria, Demi, Ratna, Trio Kwek kwek (Yaya, Bora, Syukri), Irwan dan Bowo bakal refreshing di sebuah air terjun, namanya Bantimurung. Sumpah, perjalanan tujuh atau empat belas kilo ya? (gua lupa) dengan jalan kaki ngebuat lutut gua rasanya mau lepas. But at all, semuanya terbayar dengan pemandangan yang indah.

Dimulailah acara makan-makan dan mandi-mandi. Beberapa menit berlalu. Deka kelelep…Deka kelelep. Oh my God… ternyata Deka gak tau berenang kayak gua. Endang dan Ria yang berada di lokasi kejadian langsung terjun buat nyelamatin si Deka. Persis kayak superwomen, SARAS 008 (gak ding). Naasnya bukannnya mentas, mereka malah kelelep rame-rame. Hahaha. Trus gua dan anak-anak lain yang agak jauh dari mereka, cuman ngliatin plus nertawain. JAHAT (jangan ditiru). Untungnya beneran ada superhero yang berbaik hati nyelamatin mereka. Gua lupa siapa namanya. Terima kasih aja deh buat superhero tanpa nama and buat Endang, Deka, Ria, maafin gua yang cuman nertawain kalian waktu itu. Hehehe.

BORA JAHATTT…!!!

Masih Bantimurung. Cuaca gak secerah pagi pas kita mau pulang. Mendung banget dan sebentar lagi bakal hujan deras. Semuanya panik. Gimana gak coba? kita lagi ada di tengah-tengah sungai. Maksudnya, dikelilingi sungai. Kalau sungainya meluap gimana? Akhirnya dengan sangat berat hati, kita pulang.

Di tengah jalan hujan mulai turun. Rintik, terus deras. Huuuaaa….kalau sungainya meluap gimana? Gua kan gak tau berenang. Semua langkah dipercepat. Udah kayak mau kiamat aja. Dag dig dug duueerrr DAIA. Eh bukan ding. Maksudnya waktu itu kita beneran khawatir bin ketakutan. Gua yang jalannya lelet kayak bekicot, terperosok. Sakit. Gua meringis kayak kuda dan segera minta pertolongan.

“Bora…bantuin!”. Dengan slow motion Bora ngerentangin tangannya, ngebuka sweater. Ah…Bora, elu emang baik. Dan tiba-tiba, makein tuh sweater ke gitarnya.

“Haduh mudah-mudahan gitar gua gak kenapa-kenapa.” Trus lari ninggalin gua. APPPAAA??? BORA JAHAT!!!. Heehhhhh. Piiuuffttt.

Makassar, 13 Desember 2012




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline