Lihat ke Halaman Asli

Analisis Strategi Operasional Untuk Mencapai Keunggulan Kompetitif pada Konveksi Alif Fajri Bandung di Era Digital

Diperbarui: 14 Juni 2024   12:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Beberapa studi literatur yang dilakukan untuk menganalisis starategi operasional perusahaan untuk mencapai keunggulan kompetitif di era digital.

A. Strategis

Merupakan tindakan atau cara yang telah didiskusikan sebelumnya oleh perusahaan yang sering kali melibatkan perencanaan, pengaturan, dan pengalokasian sumber daya untuk mencapai target atau tujuan tertentu dengan kemampuan sumber daya yang dimiliki perusahaan untuk mencapai hasil yang diinginkan.

B. Operasional

Strategi operasional adalah pendekatan yang konsisten pada strategi organisasi dan digunakan sebagai alat untuk mengatur fungsi operasional perusahaan. Strategi operasional dapat memberi pengaruh besar pada kompetitif perusahaan jika diatur dengan baik. Jika ingin pelaksanaan efektif, perusahaan perlu untuk menghubungkan strategi operasional dengan strategi organisasi.

C. Manajemen Operasional

Manajemen operasional memiliki tugas untuk mengatur seluruh sumber daya dimiliki perusahaan, seperti bahan baku, karyawan, dan perlengkapan lainnya serta memastikan seluruh proses produksi berjalan efisien dan efektif. Lalu manajemen operasional bertujuan untuk meningkatkan efisiensi perusahaan, meningkatkan produktivitas perusahaan, meningkatkan kualitas perusahaan, dan mengontrol waktu proses produksi seminimal mungkin.

D. Manajemen Persediaan

Adalah proses perencanaan dan pengendalian semua barang yang dimiliki oleh perusahaan pada setiap tahapan rantai pasokan mulai dari bahan mentah hinggap menjadi produk jadi yang tujuannya adalah untuk memastikan ketersediaan persediaan yang cukup untuk memenuhi permintaan distributor, sekaligus menghindari kelebihan stok yang dapat menyebabkan biaya penyimpanan yang tinggi atau penurunan nilai produk.

E. Manajemen Rantai Pasokan

Ada sebuah cara yang digunakan untuk mengelola, mengawasi, dan mengendalikan proses kebutuhan operasional mulai dari pengadaan, persediaan, hingga pengiriman produk, dengan memerhatikan ketepatan waktu, lokasi, biaya yang sedikit, dan jumlah produk yang akan dihasilkan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline