Lihat ke Halaman Asli

Maksimalkan Omzet Penjualan di Akhir Tahun, Ini Caranya

Diperbarui: 18 Juni 2015   06:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Akhir tahun merupakan momen yang banyak ditunggu-tunggu oleh banyak orang. Begitu juga oleh pemilik bisnis/perusahaan yang pastinya memiliki harapan untuk mendapatkan omset besar di akhir tahun. Inilah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk memaksimalkan omset di akhir tahun.

1.Diskon

Akhir tahun selalu identik dengan diskon. Maka tak heran jika banyak orang yang menantikan diskon akhir tahun. Jika perusahaan Anda memproduksi barang/jasa, berikan diskon spesial dan publikasikan diskon tersebut agar diketahui banyak orang. Cetak spanduk tentang diskon perusahaan Anda dalam ukuran besar dan jelas, serta sebarkan pamflet dalam jumlah yang banyak.

Beri untukan diskon untuk produk Anda, cetak pengumuman dengan spanduk yang besar dan jelas, agar orang tertarik dan berbondong-bondong membeli produk  Anda.

2.Bonus produk (buy 1 get 1 free)

Berikan bonus pembelian untuk setiap produk Anda. Anda bisa menerapkan “Buy 1 get 1 free”. Cara ini dapat menarik perhatian pelanggan sehingga akan meningkatkan omset penjualan.

3.Undian berhadiah

Adakan undian berhadiah menyambut tahun baru. Cara ini tentu akan menarik minat orang untuk membeli produk Anda. Sediakan hadiah undian yang bernilai besar, seperti alat-alat elektronik atau motor karena dengan mudah akan menarik minat orang. Namun, jika hadiah tersebut terlalu memberatkan, Anda bisa mencoba cara yang ke-4 berikut ini.

4.Beri merchandise

Berikan merchandise sebagai hadiah. Tentu saja bukan sekedar merchandise biasa, namun merchandise promosi, yakni merchandise yang berguna media promosi. Untuk momen akhir tahun seperti ini, merchandise yang paling cocok adalah kalender, namun tidak menutup kemungkinan untuk berpromosi dengan merchandise yang lain seperti jam, gantungan kunci, kaos, topi, payung, mug/gelas, atau ballpoint. Beri logo perusahaan pada merchandise tersebut.

Cara ini sangat efektif digunakan, terbukti dari banyaknya permintaan perusahaan terhadap merchandise promosi di akhir tahun. “Menjelang akhir tahun, permintaan merchandise promosi meningkat. Mereka sengaja memanfaatkan momen pergantian tahun untuk berpromosi,” kata managing director Cera Production, Rizal Kasim.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline